Jeddah (ANTARA News/SPA-OANA) - Sekretaris Jenderal Organisasi Konferensi Islam (OKI) Prof Ekmeleddin Ihsanoglu menyatakan keprihatinan dan mengutuk aksi kekerasan di Jos, Nigeria, yang menewaskan sejumlah orang dan merusak keharmonisan antar-warga.

Dalam satu pernyataan pers yang disiarkan di Jeddah, Sabtu, Sekjen Ihsanoglu kembali mendesak para pemuka agama di Nigeria untuk mengambil sikap tegas terhadap kelompok garis keras.

Para pemuka agama hendaknya mencegah kelompok garis yang mengeksploitasi agama untuk membenarkan kejahatan mereka dan melanggar nilai-nilai kemanusiaan yang suci, katanya.

Prof Ihsanogolu menyatakan penolakannya atas aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama, termasuk Islam, yang senantiasa mengajarkan perdamaian, hidup berdampingan secara damai, kasih sayang dan toleransi.

Sekjen OKI juga menyerukan kepada para pemuka masyarakat di pedesaan dan perkotaan bersatu guna mendorong dialog, toleransi guna hidup berdampingan secara damai dan memecahkan persoalan-persoalan yang mereka hadapi.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010