Semarang (ANTARA News) - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mencatat dalam sehari sekitar 250 calon mahasiswa melalui jalur ujian mandiri (UM) I mendaftarkan diri melalui online.

"Padahal, pendaftaran secara online baru dibuka mulai Jumat (22/1) lalu, dan jumlahnya diprediksi akan terus meningkat," kata Ketua Panitia Ujian Masuk Undip, Sutarno di Semarang, Senin.

Ia menyebutkan, para pendaftar Undip tersebut berasal dari berbagai kota di Indonesia, seperti Medan, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Samarinda.

"Jumlah pendaftar hingga saat ini masih didominasi oleh mereka yang berasal dari Semarang, disusul Jakarta," katanya.

Menurut dia, pihaknya memang akan menyelenggarakan UM I secara serentak di tujuh kota tersebut, hal itu dilakukan agar para pendaftar tidak kesulitan dan dapat menghemat biaya.

Para pendaftar Undip tersebut, kata dia, sebagian besar juga telah membayar biaya administrasi melalui Bank Mandiri, setelah mereka melakukan pendaftaran secara online.

Sementara itu, Kepala Humas Undip, Agus Naryoso mengatakan, pendaftaran Undip melalui jalur UM I akan dilayani hingga tanggal 29 Maret 2010, karena itu waktu yang tersedia masih cukup lama.

"Sampai batas akhir pendaftaran, para pendaftar masih dapat memperbaiki atau mengedit data diri dan pilihan program studi yang telah terlanjur dimasukkan saat mendaftar secara online," katanya.

Namun, kata dia, hal itu tidak dapat dilakukan apabila para pendaftar sudah mencetak kartu peserta ujian.

Ia mengatakan, para pendaftar yang kesulitan untuk mendaftar secara online, terutama yang berada di wilayah Semarang dapat mendatangi sekretariat UM Undip di Lembaga Pengembangan Pendidikan (Lepdik) Undip Tembalang.

"Di tempat itu telah disediakan puluhan komputer dan askes internet gratis bagi calon mahasiswa, selain itu para pendaftar juga akan didampingi relawan Undip yang membantu proses pendaftaran," katanya.

Menurut dia, keberadaan para relawan Undip yang bertugas membantu para pendaftar tersebut dimaksudkan untuk memudahkan dan memperkecil tingkat kesalahan yang dilakukan pendaftar.

"Kami juga telah menyediakan layanan informasi terkait program studi, profil, dan prospek kerja Undip secara lengkap, sebab mulai penerimaan mahasiswa tahun ini, seluruh proses perkuliahan akan dipusatkan di kampus Undip Tembalang, Semarang," kata Agus.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010