New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS membukukan kenaikan moderat pada Senin waktu setempat, "rebound" (berbalik naik) dari tekanan jual berat minggu lalu, karena membaiknya prospek untuk pengesahan ketua Federal Reserve Ben Bernanke untuk masa jabatan kedua.

Dow Jones Industrial Average naik 22,98 poin (0,23 persen) menjadi 10.195,96 pada bel penutupan, berubah dari kerugian pasar mingguan terburuk sejak Maret lalu.

Indeks komposit Nasdaq bertambah 5,68 poin (0,26 persen) menjadi 2.210,97 dan indeks pasar secara luas Standard & Poor`s 500 naik 4,96 poin (0,45 persen) ke awal penutupan 1.096,72.

Para analis mengatakan pasar sudah tenang setelah beberapa hari perdagangan gelisah selama Presiden Barack Obama meluncurkan serangkaian inisiatif untuk membatasi sektor perbankan dan senator mengangkat keraguan tentang pengesahan Bernanke.

"Pasar mendapat dorongan dari laporan awal bahwa ketua Fed Ben Bernanke akan disahkan untuk masa jabatan kedua dalam pemungutan suara Senat pekan ini," kata Scott Marcouiller dari Wells Fargo Advisors.

Namun suasana itu tertusuk oleh berita bahwa penjualan rumah AS turun lebih dari yang diperkirakan pada Desember, dengan hampir jatuh 17 persen, setelah tiga bulan naik didorong oleh pajak kredit pemerintah.

Joel Naroff di Naroff Economic Advisors mengatakan laporan itu tidak terduga namun masih menunjukkan ekonomi dan pasar perumahan tetap rapuh.

"Laporan ini juga menjelaskan bahwa sementara perumahan mungkin akan keluar dari perawatan intensif, itu belum siap untuk meninggalkan rumah sakit," katanya.

"Tidak perlu panik tapi pikiran tentang pemulihan ekonomi yang kuat harus ditunda untuk sementara." (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010