Jakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk meluncurkan layanan inovatif XL BlackBerry prepaid (prabayar) yang memungkinkan pelanggan menikmati tarif murah saat berada di tujuh negara.

"Layanan BlackBerry prepaid dengan tarif flat murah roaming data merupakan yang pertama di dunia," kata Direktur Marketing XL, Nicanor Santiago, di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, negara mitra roaming yang sekaligus operator adalah Malaysia (Celcom), Singapura (M1), Kamboja (Hello), Bangladesh (Aktel), Sri Lanka (Dialog), Hong Kong (SmartTon) dan Jepang (Softbank).

Tarif akses data saat di luar negeri untuk pelanggan prabayar dikenakan Rp50.000 per hari, pelanggan pascabayar Rp25.000 per hari.

"Kerjasama dengan sejumlah operator anggota Axiata Group dan mitra roaming internasional," tegas Nicanor.

Dengan layanan ini pelanggan XL BlackBerry akan tetap bisa menjalankan aktivitas selama di luar negeri dengan menggunakan perangkat BlackBerry yang dimilikinya.

Sementara itu, Head of Mobile Data Services XL, Budi Harjono mengatakan, untuk mengaktifkan layanan ini pelanggan harus meregistrasi sesuai dengan menyesuaikan tarif per hari yang akan dikenakan sesuai dengan lama berada di negara tujuan.

Cukup mengakses *123# lalu memilih paket internet dan BlackBerry, selanjutnya pilih BlackBerry Roaming.

Registrasi juga bisa diakses melalui SMS dengan mengetik BB (spasi) Roaming kirim ke 568.

Budi menjelaskan, layanan ini berlaku mulai 26 Januari 2010 sampai 31 Desmeber 2010. Khusus roaming di SoftBank, Jepang, sampai 31 Maret 2010. Layanan BlackBerry Prepaid Roaming akan otomatis dihentikan saat pelanggan tiba di Indonesia.

Menurut Budi, hingga saat ini jumlah pelanggan XL BlackBerry mencapai 260.000, meningkat dari sekitar 250.000 akhir 2009.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010