Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu tertinggi Agustus 2020

Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu tertinggi Agustus 2020

Wisatawan kembali menikmati berbagai kegiatan di pantai Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta membuka tempat wisata di Ibu Kota secara bertahap mulai 13 Juni 2020 dan tempat wisata pantai termasuk wisata Kepulauan Seribu juga sudah bisa beroperasi pada 13 Juni hingga 2 Juli 2020. ANTARA/ Fauzi Lamboka

Data kami sudah luar biasa, 41.152 orang di Agustus 2020
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu mencatat jumlah kunjungan wisatawan sejak awal tahun, tertinggi terjadi pada Agustus 2020, meski masih pandemi COVID-19 Ibu Kota.

"Data kami sudah luar biasa, 41.152 orang di Agustus 2020. Dibandingkan sejak Januari hingga Agustus ini, bulan ini tertinggi kunjungan wisatanya," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Seribu, Puji Astuti, dalam Forum Group Discussion (FGD) secara daring oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) bertema "Penyelenggaraan Transportasi Berkeadilan di Kepulauan Seribu", Selasa.

Puji mengatakan di Kepulauan Seribu, pihaknya mengedepankan wisata sehat dengan mengedepankan protokol kesehatan sehingga wisatawan dapat merasa aman dan nyaman.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu buka kembali wisata Pulau Tidung

"Jadi saat ini, bukan berlomba-lomba mendatangkan wisatawan (ke Kepulauan Seribu), di saat kondisi COVID-19 ini, kita tetap melaksanakan dan menarik wisatawan dengan prinsip aman, sehat dan produktif," kata Puji.

Lebih lanjut Puji mengatakan promosi secara digital dan melalui agen-agen perjalanan yang menyediakan layanan wisata ke Kepulauan Seribu menjadi kunci untuk menarik wisatawan di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan berjalannya waktu, orang-orang (akan berwisata) ke Kepulauan Seribu karena tahu ini zona yang aman, zona hijau. Dan kita tetap melaksanakan protokol kesehatan baik di lokasi wisata maupun di penginapan," ujar Puji.

Baca juga: Pengelola wisata siapkan protokol kesehatan untuk ke Pulau Seribu

Sementara itu, Kabid Destinasi dan Pengembangan Dinas Pariwisata DKI Jakarta Shinta Nindyawati berharap tingkat kunjungan wisata ke Kepulauan Seribu bisa bertambah lagi jika pandemi COVID-19 berakhir. Tentunya, dengan perbaikan layanan transportasi air menuju ke Kepulauan Seribu.

"Nah kita harap kendala berupa ketersediaan transportasi yaitu kapal-kapal dapat teratasi. Kapal-kapalnya semoga bisa bertarif murah, cepat,aman, dan nyaman. Nanti dengan sendirinya masyarakat akan berwisata ke Kepulauan Seribu," ujar Shinta.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pulau Untung Jawa favorit wisatawan selama PSBB transisi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar