Pasien sembuh COVID-19 di Kabupaten Jayapura bertambah jadi 282 orang

Pasien sembuh COVID-19 di Kabupaten Jayapura bertambah jadi 282 orang

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua Khairul Lie (ANTARA/HO-Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura)

kasus terkonfirmasi positif terjangkit corona jdi Kabupaten itu menjadi 344
Sentani, Jayapura (ANTARA) - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Papua, Khairul Lie menyebutkan sejak 17 Maret hingga 8 September, pasien positif corona yang sembuh bertambah menjadi 282 orang dari sebelumnya 279 orang.

Khairul Lie di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Rabu, mengatakan 282 pasien itu sembuh setelah selesai isolasi baik dari RSUD Youwari maupun di beberapa puskesmas yang sudah ditunjuk untuk menangani pasien COVID-19.

Sebagian lagi sembuh setelah dirujuk dan menjalani perawatan di rumah sakit lain di luar Kabupaten Jayapura.

Baca juga: ASN positif COVID-19, Dinas Pendidikan Kota Jayapura ditutup

Dia mengatakan pada Rabu, Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura mencatat 10 orang terkonfirmasi positif terpapar corona, berasal dari Sentani kota dua orang, empat orang dari Hinekombe, tiga orang dari Doyo Baru, dan satunya lagi dari Nolokla.

Menurut dia, sejak 17 Maret hingga 8 September 2020 kasus terkonfirmasi positif terjangkit corona jdi Kabupaten itu menjadi 344 orang dari sebelumnya 330 orang.

Dari jumlah itu, 55 pasien di antaranya masih menjalani perawatan, 282 orang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan. Delapan orang meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona baru.

Baca juga: 16 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Jayapura

Kasus probabel empat orang. "Kasus probabel adalah ketika kita menemukan satu kasus kematian yang menunjukkan gambaran khas secara klinis menyerupai kasus-kasus COVID-19 namun belum sempat dilakukan pemeriksaan PCR."

Khairul Lie menjelaskan Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Jayapura mencatat kasus positif COVID-19 per distrik yakni Distrik Sentani, 233 orang terkonfirmasi corona, terdiri dari Kelurahan Hinekombe, 70 orang, Kelurahan Dobonsolo, 81 orang, Keluahan Sentani Kota, 73 orang, Kampung Yobeh dua orang, Kampung Sereh tiga orang, dan Kampung Yahim tiga orang, yang kontak erat dengan pasien lain 43 orang.

Kemudian di Distrik Waibu, 59 orang yang terkonfirmasi terpapar corona, terdiri dari Kelurahan Doyo Baru, 50 orang, Kampung Bambar empat orang, Kampung Dondai dua orang, Kampung Doyo Lama dua orang, dan Kampung Yakode satu orang. Dua orang yang sudah kontak erat dengan pasien lainnya.

Baca juga: Tambah 16 orang, positif COVID-19 di Kota Jayapura naik 2.160 kasus

Distrik Sentani Timur, pasien COVID-19 sebanyak 15 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, belum ada yang melakukan kontak erat dengan pasien lainnya. Distrik Sentani Barat, sembilan orang, dengan rincian dua orang dari Kampung Maribu, satu orang dari Kampung Sabron Sari, lima orang dari Kampung Dosay dan satu orang dari Kampung Sabron Yaru. Belum ada yang melakukan kontak erat dengan pasien lain.

Selanjutnya, Distrik Demta, dua orang yang terkonfirmasi corona, belum ada yang kontak erat dengan pasien lain. Distrik Depapre yang terkonfirmasi COVID-19 tujuh orang positif corona, belum ada yang kontak erat dengan pasien lain. Distrik Unurumguay, satu yang terkonfirmasi positif corona dan belum melakukan kontak erat dengan pasien lain.

Baca juga: 1.633 pasien sembuh dari COVID-19 di Kota Jayapura

Ia meambahkan di Distrik Nimbokrang yang terkonfirmasi positif corona tiga orang, belum ada yang melakukan kontak erat dengan pasien lain.

Distrik Kemtuk Gresi, yang terkonfirmasi corona empat orang , belum ada yang melakukan kontak erat dengan pasien lain.

Distrik Yapsi, delapan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, mereka belum melakukan kontak erat dengan pasien lain. Sementara di Distrik Nimboran, dua orang yang terkonfirmasi terpapar corona, mereka belum melakukan kontak erat dengan pasien lain.

Baca juga: Dua warga Jayapura meninggal akibat terpapar COVID-19

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wiku: Libur panjang jadi pemicu menurunnya disiplin protokol kesehatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar