Bandung (ANTARA News) - Tiga orang pengunjuk rasa dibawa polisi untuk dimintai keterangan karena terlibat ribut dalam demonstrasi "100 Hari Pertama Kabinet Indonesia Bersatu II di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis.

"Tiga orang diamankan untuk dimintai keterangan karena terlibat keributan pada saat unjuk rasa," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Dade Achmad.

Ketiga orang  itu berasal dari Konsorsium Mahasiswa Bandung, masing-masing Nurholis dan Lucky, sera Sandi dari LSM Dewan Tani wilayah Ujungberung.

Kerusuhan nyaris meledak ketika di tengah kerumunan terjadi ribut setelah ada lemparan bambu ke tengah massa.

Para mahasiswa mengejar seorang pria yang dianggap provokator. Beberapa orang mahasiswa terlibat aksi kekerasan dan kejar-kejaran hingga ke Jalan Surapati di kawasan Gasibu Bandung.

"Sesuai dengan UU, bila mereka melakukan keonaran harus dimintai keterangan, namun secara umum situasi keamanan di Jabar kondusif," kata Dade Achmad.

Demonstrasi di Kota Bandung itu diikuti berbagai elemen buruh dari Kota Bandung, Cimahi, Bandung Barat dan Kabupaten Bandung bersama mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota itu dan berakhir hingga pukul 13.30 WIB.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010