Milan (ANTARA News/Reuters) - Striker Fiorentina dan timnas Rumania Adrian Mutu terbukti positif menggunakan obat terlarang sibutramine, kata Komite Olimpiade Italia (CONI), Kamis.

Mutu, yang dikeluarkan dari klub Liga Inggris Chelsea pada 2004 karena menggunakan kokain, gagal dalam tes doping pada 10 Januari lalu saat pertandingan antara Fiorentina dan Bari.

"Pada sampel pertama, terdapat unsur sibutramine," demikian pernyataan CONI.

CONI, yang bertindak sebagai badan antidoping Italia, tidak memberi rincian lebih lanjut.

CONI punya catatan panjang soal sanksi terhadap atlet yang melakukan doping, meskipun atlet tersebut tidak sengaja melakukannya.

Namun CONI juga pernah membebaskan kapten tim Italia Fabio Cannavaro tahun lalu setelah dokumen-dokumennya tidak disimpan secara benar oleh Juventus setelah ia mendapat perawatan karena sengatan lebah.

Mutu sering tidak dipasang pada musim ini bersama Fiorentina, baik karena cedera maupun karena masalah peselisihan yang masih tersisa sejak ia dipecat dari Chelsea.

Klub Inggris itu meminta ganti rugi, yang didukung oleh pengurus sepak bola dan pengadilan arbitrase olah raga, yang memerintahkan Mutu membayar 17 juta euro (23,9 juta dolar AS).

Mutu kemudian mengajukan banding melalui pengadilan federal Swiss dan masalahnya hingga kini masing menggantung.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010