Bandung (ANTARA News) - Sejumlah bank di Jawa Barat memasang perangkat anti skimming di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mencegah pembobolan PIN (personal identification number) nasabah.

"Pemasangan itu sudah dilakukan sejak lama, dan meningkat setelah ada kasus pembobolan ATM," kata Pimpinan Bank Indonesia Bandung Yang Ahmad Rizal di Bandung, Jumat.

Perangkat anti skimming, kata Yang, dipasang pada mesin-mesin ATM lama, sedangkan mesin ATM terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat itu.

"Koordinasi terakhir dengan bank di Jabar, semuanya sudah bergerak melengkapi ATM-nya dengan anti skimming` Mereka berjanji akhir Februari 2010 semuanya sudah dilengkapi alat itu," kata Yang Ahmad Rizal.

Ia menyebutkan, jumlah ATM di Jawa Barat ada 1.500 unit, dimana 1050 unit diantaranya dioperasikan di Bandung Raya.

Sementara itu Kepala Operasi BCA Cabang Asia Afrika Kota Bandung, Didi Edi Surya menyebutkan sekitar 350 ATM BCA yang ada di Bandung semuanya sudah dilengkapi degan anti skimming.

"Semua ATM BCA di Bandung dan beberapa daerah di Jabar sudah dilengkapi anti skimming," kata Edi yang menyebutkan nilai transaksi ATM BCA di Kota Bandung dan sekitarnya sekira Rp50 miliar per hari.

Wakil Kepala Wilayah VI Bank Mandiri Bandung Josephus LK Tripakoso mengungkapkan bahwa pemasangan anti skimming pada mesin ATM Mandiri ditargetkan sudah tuntas akhir Januari ini.

Rata-rata transaksi tunai di ATM Mandiri Rp20 miliar per hari.

Perbankan yang beroperasi di Jawa Barat akan mendirikan "Forum ATM Bersama" untuk mengantisipasi dan mencegah kasus pembobolan ATM yang tengah marak akhir-akhir ini.

"Beberapa bank yang berkantor pusat atau yang beroperasi di Jabar akan mendirikan Forum ATM Bersama, Bank Indonesia Bandung merestui rencana itu," kata Pimpinan Bank Indonesia, Yang Ahmad Rizal.

Forum ATM Bersama, kata Yang, akan menjadi ajang koordinasi dan tukar pikiran dalam pengelolaan ATM serta mencari langkah-langkah strategis untuk mengamankan ATM dari aksi kriminalitas.

Pimpinan BI Bandung itu menyebutkan, anggota Forum ATM Bersama ini terdiri dari para bankir bank yang beroperasi di Jabar serta juga para nasabah.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010