Jakarta (ANTARA) - Juara dunia empat kali Sebastian Vettel akan menjadi pebalap Aston Martin yang merupakan brand baru tim Racing Point mulai musim 2021, demikian pengumuman outfit asal Silverstone, Inggris itu, Kamis.

Pebalap Jerman berusia 33 tahun itu akan menggantikan pebalap Meksiko Sergio Perez, yang sebelumnya pada Rabu mengumumkan tidak akan lanjut membela tim yang dimiliki miliarder Kanada Lawrence Stroll itu setelah musim ini berakhir.

"Aku senang akhirnya bisa membagikan berita yang menyenangkan tentang masa depanku. Aku sangat bangga mengatakan bahwa aku akan menjadi pebalap Aston Martin pada 2021," demikian pernyataan Vettel seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Ini adalah petualangan baru bagiku dengan perusahaan mobil yang sangat legendaris. Aku telah terkesan dengan capaian yang telah diraih tim tahun ini dan aku yakin masa depannya bahkan terlihat makin terang.

Baca juga: Terkait rumor Vettel, Perez yakin bertahan di Racing Point tahun depan
Baca juga: Sergio Perez tinggalkan Racing Point akhir musim ini


Pernyataan resmi itu mengonfirmasi spekulasi yang beredar selama ini tentang manuver selanjutnya Vettel setelah kontraknya dengan Ferrari selesai akhir musim ini.

"Energi dan komitmen Lawrence di olahraga ini menginspirasi dan aku yakin kami bisa membangun sesuatu yang sangat spesial bersama. Aku masih sangat mencintai Formula 1 dan satu-satunya motivasiku adalah untuk membalap di grid depan. Melakukan hal itu bersama Aston Martin akan menjadi kehormatan yang sangat besar.

Vettel ternyata telah melakukan sejumlah pembahasan dengan Stroll selama beberapa bulan terakhir menyusul keputusan Ferrari menggantinya dengan Carlos Sainz dari tim McLaren.

Baca juga: Coulthard tawarkan opsi Aston Martin untuk Vettel
Baca juga: Racing Point cabut permohonan banding terkait kasus "brake duct" RP20



Pada Rabu petang, Perez membuat pengumuman yang mengagetkan jelang Grand Prix Tuscan di Mugello, dan itu menjadi momentum bagi Racing Point untuk mengenalkan Vettel sebagai calon pebalap baru mereka mulai 2021 dan setelahnya di mana Vettel akan tandem dengan Lance, putra dari Lawrance.

"Setiap orang di Silverstone sangat senang dengan kabar ini," kata team principal Otmar Szafnauer. "Sebastian adalah juara yang tak dipungkiri dan membawa mentalitas menang yang sesuai dengan ambisi kami di masa depan sebagai Aston Martin F1 Team.

"Dia akan memainkan peran penting untuk membawa tim ini ke level selanjutnya.

Vettel saat ini berada di peringkat 13 klasemen pebalap dengan raihan hanya 16 poin di saat Ferrari mengalami salah satu penampilan terburuknya dengan mobil yang tak cukup kompetitif di musim ini.

Baca juga: Ferrari gunakan livery spesial untuk rayakan GP ke-1000 di Mugello
Baca juga: Sainz tak sesali keputusannya pindah ke Ferrari
Baca juga: Mick Schumacher akan kemudikan Ferrari ayahnya di Mugello

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020