Bantul (ANTARA News) - Tim tuan rumah Persiba Bantul berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan tim tamu Persikab Kabupaten Bandung 1-0 pada pertandingan lanjutan Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2009/1010 di Stadion Sultan Agung, Sabtu.

Gol semata wayang Persiba Bantul diciptakan Slamet Nurcahyo pada saat telah memasuki "injury time" babak ke dua atau pada menit ke 92 melalui tembakan keras yang tepat menusuk kanan gawang Persikab.

Gol bermula dari serangan Persiba Bantul melalui sayap kanan melalui kaki Ezequiel Gonzalez, selanjutnya bola ditendang ke arah muka gawang Persikab.

Bola sempat membentur pemain Persiba Roni Irawan sebelum disambar dengan tendangan keras oleh Slamet Sucahyo ke arah kanan gawang Persikab sehingga gagal diantisipasi penjaga gawang Dadang Sudrajat hingga merubah skor menjadi 1-0 untuk Persiba Bantul.

Dalam pertandingan dua kali 45 menit yang berlangsung dalam suasana cerah dan disaksikan lebih dari 10 ribu penonton tersebut wasit Puji Suprayitno mengeluarkan tiga kartu kuning dan satu kartu merah untuk pemain Persikab.

Satu kartu kuning diberikan kepada Udo Fortune dan dua kartu kuning untuk Arwin yang kemudian disusul kartu merah.

Pelatih Persiba Bantul Eduard Tjong mengatakan permainan anak asuhnya sebenarnya tidak terlalu baruk hanya masalah penyelesaian akhir yang kurang baik.

"Sepanjang babak pertama hingga berakhirnya pertandingan babak ke dua tercatat ada 12 peluang emas dan ternyata hanya mamu membuahkan satu gol saja," katanya.

Ia mengatakan, saat ini yang menjadi PR untuk dibenahi adalah masalah krosing pemain dan penyelesaian akhir yang masih sangat buruk.

"Di luar masalah ini adalah permainan, saya merasa krosing dan penyelesaian akhir pemain masih sangat buruk, ini menjadi PR saya untuk segera membenahi," katanya.

Sedangkan pelatih Persikab Kabupaten Bandung Suharno mengatakan timnya tidak merasa kecolongan dengan terciptanya gol ke gawang Persikab pada menit-menit terakhir.

"Inilah permainan sepak bola, gol dapat tercipta pada menit berapapun. Gol tersebut harus diakui karena kecerdikan pemain Persiba Bantul," katanya.

Suharno juga menyayangkan sikap asisten pelatih Persiba Bantul Sajuri Syahid yang menunjukkan sikap tidak etis pada dirinya dan pemain Persikab.

"Saya salut Persiba berhasil menang, tetapi tidak sepantasnya jika asisten pelatih Persiba sampai mengeluarkan ejekan kepada saya dan menuding-nuding pemain," katanya.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010