Pandeglang (ANTARA News) - Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Marwah Daud Ibrahim mengajak seluruh kalangan termasuk pemerintah untuk terus meningkatkan perekonomian rakyat melalui teknologi mutakhir.

"Upaya peningkatkan perekonomian rakya harus didukung teknologi mutakhir agar lebih optimal dan hasilnya juga bisa maksimal," katanya usai menghadiri pembentukan pengurus Lembaga Revolusi Pelatihan Generasi Kulla "Gasinga" Pandeglang di Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu.

Ia mengatakan Gasinga dibentuk untuk membantu pemerintah dalam malakukan pemberdayaan ekonomi rakyat melalui berbagai kegiatan di antaranya mengembangkan potensi lokal dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

"Gasinga Pandeglang akan melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah setempat dalam upaya meningkatkan ekonomi warga di sini," kata Marwah yang juga Ketua Dewan Penasihat Gasinga.

Pada kegiatan pendahuluan, Gasinga akan melakukan survei guna mengetahui potensi yang ada di daerah ini, dan diharapkan ada dorongan serta bantuan dari masyarakat maupun pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Ia mengatakan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, harus ada keseimbangan antara pendidikan dan perekonomian, serta iman dan takwa, sehingga potensi yang ada dapat digali.

Direktur Lembaga Revolusi Pelatihan Generasi Kulla "Gasinga" Pandeglang Irwanudin mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Pandeglang terkait dengan pemberdayaan dan peningkatkan ekonomi masyarakat yang menjadi program dari lembaga itu.

"Setelah penandatanganan MoU tersebut, ada beberapa program yang akan dilaksanakan melalui kerja sama dengan Pemkab Pandeglang dalam memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Program yang akan dilakukan, menurut dia di antaranya pendidikan dan pelatihan informasi serta teknologi, pembinaan dan konsultasi usaha, kegiatan sosial kemasyarakatan, bimbingan belajar, seminar serta pelatihan.

Ia mengatakan telah memilih Kecamatan Juhut sebagai proyek percontohan dari berbagai program yang akan dilaksanakan Lembaga Gasinga di daerah itu.

"Untuk tahap awal kami akan memulai kegiatan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat, pendidikan informasi teknologi dan pembinaan sumber daya manusia di Keluruah Juhut. Setelah itu baru ke kelurahan/desa lain di daerah ini," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010