Jakarta, 31/1 (ANTARA) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE meluncurkan program event Tour de Singkarak yang akan berlangsung di Sumatara Barat (Sumbar) pada Juni 2010 mendatang. Acara peluncuran yang berlangsung di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (29/1) dihadiri Gubernur Marlis Rahman serta bupati dan walikota Sumbar.

Penyelenggaraan Tour de Singkarak 2010 ini dijadikan sebagai event strategis berskala internasional dalam rangka mendukung program Visit Indonesia Year (VIY) sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan sekaligus mengangkat Sumbar dalam peta pariwisata dunia.

Menbudpar Jero Wacik mengatakan, program VIY agar sukses dan efektif harus didukung dengan upaya strategi pemasaran yang kreatif dan taktis baik pemasaran dalam negeri maupun luar negeri, serta pengembangan kesiapan destinasi pariwisata yang akan menjadi magnet utama wisatawan berkunjung ke Indonesia.

"Upaya kreatif dengan memunculkan event berskala internasional seperti Tour de Singkarak ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia ke pasar dunia," kata Menbudpar Jero Wacik seraya berharap agar semua pihak dapat mendukung suksesnya pelaksaan Tour de Singkarak 2010 yang diharapkan dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi dan pariwisata Sumbar pasca gempa 30 September 2009 lalu.

Penyelenggaraan olahraga wisata (sport tourism) Tour de Singkarak 2010 tahun ini merupakan kali kedua dengan menambah etape dan lama perjalanan lebih panjang serta hadiah lebih besar. Pada Tour de Singkarak pertama 2009 lalu diikuti 15 negara dengan jarak tempuh 458 km terbagi dalam lima etape berlangsung selama tujuh hari dengan total hadiah Rp 600 juta. Sedangkan tahun 2010 ditambah menjadi 700-750 km, terbagi dalam tujuh etape dengan total hadiah Rp 750 juta.

Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR.Sapta Nirwandar yang tahun lalu sebagai ketua panitia mengatakan, peminat Tour de Singkarak 2010 sangat tinggi karena banyak negara pada tahun lalu absen, tahun ini mereka akan ikut ambil bagian. Tour de Singkarak sudah masuk dalam kalender tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (UCI), sehingga pada penyelenggaraan tahun ini sudah masuk dalam agenda para pembalap sepeda dunia, katanya.

Peserta asing yang ambil bagian dalam balap sepeda Tour de Singkarak 2010 tahun ini diperkirakan 20 tim dan 300 pembalap tamu serta 15 tim pembalap dalam negeri dari berapa daerah dan perkumpulan. Mereka akan melakukan team time trial di kota Padang, kemudian menuju Pariaman, Maninjau, Ngarai Sianok, Bukittinggi, Batusangkar, Sawahlunto, dan Singkarak.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010