Amien Rais akan buat parpol baru

Amien Rais akan buat parpol baru

Dokumentasi - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengacungkan ibu jari sebelum menemui Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung KPK, Jakarta. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/kye/pri.

Saya dan beberapa sahabat dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru
Jakarta (ANTARA) - Politisi senior Amien Rais mengumumkan dirinya dan beberapa sahabatnya berencana mendirikan sebuah partai politik baru dengan asas partai adalah Islam rahmatan lil'alamin atau Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

"Saya dan beberapa sahabat dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," kata Amien dalam akun Youtube yang dipantau pada Jumat.

Amien menjelaskan dirinya dan para sahabatnya menaruh perhatian terhadap perkembangan kondisi bangsa dan negara Indonesia saat ini.

Menurut dia, kondisi bangsa berada diambang krisis sosial, politik dan ekonomi, namun dirinya tidak berharap Indonesia tidak menghadapi resesi berat lalu menuju depresi.

Baca juga: Viva Yoga bantah Amien Rais dikeluarkan dari PAN

Baca juga: Pengamat nilai Amien Rais akan siapkan panggung untuk Hanafi


"Selain itu kekuasaan yang sedang memikul harapan rakyat semakin menjauhi nilai-nilai etika yang baik dan adil," ujarnya.

Dia mengatakan asas partai baru yang akan dirikannya adalah Islam rahmatan lil 'alamin karena Islam melarang diskriminasi atas nama apapun. Selain itu menurut dia, semboyan partai-nya adalah melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Lapisan kaum dhuafa dan mustad'afin di kalangan kita merasakan benar kondisi saat ini. Masyarakat ingin melihat masa depan Indonesia yang lebih cerah, adil, egaliter, dan etis," katanya.

Hal itu menurut dia sejalan dengan pesan pokok dari Al Quran, Pancasila, dan UUD NRI 1945.

Amien mengatakan untuk logo dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) belum bisa diungkapkannya karena sedang dipersiapkan.

"Untuk nama, logo, dan AD/ART belum dapat diungkapkan sekarang, mohon bersabar tunggu, tanggal, hari, dan bulan, kami sedang bermusyawarah," tuturnya.

Baca juga: Politisi PAN ragu Amien Rais dirikan parpol baru

Baca juga: Pendiri PAN: Persiapan Amien Rais bentuk parpol baru sudah 70 persen


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Putri Amien Rais diperiksa terkait kasus Ratna Sarumpaet

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar