Jakarta (ANTARA) - Sumitomo Mitsui Banking Corporation Group (SMBC Group) mendonasikan Rp1,3 miliar kepada Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) sebagai bagian dari inisiatif globalnya untuk membantu mengatasi penularan dan dampak COVID-19.

"Dunia sedang menghadapi krisis global yang akan tercatat selamanya dalam sejarah umat manusia. Di tengah situasi yang tidak stabil saat ini, segenap keluarga besar SMBC Group berkomitmen untuk mendukung mereka yang bekerja di garis depan dalam upaya-upaya aktif mengatasi pandemi ini," kata Senior Managing Executive Officer SMFG Ryuji Nishisaki dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, merupakan kehormatan besar untuk dapat mendukung berbagai organisasi di seluruh dunia yang secara langsung bekerja mengatasi dampak pandemi sekaligus memberikan bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan.

Ia mengemukakan bahwa PDUI dipilih sebagai salah satu penerima bantuan dana karena organisasi tersebut telah lama menjalin kerjasama dengan PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN), anak perusahaan SMBC Group.

Baca juga: BTPN incar modal Rp30 triliun di 2021

Kerja sama telah dimulai sejak 2010 melalui program pemberdayaan masyarakat yang dinamakan Daya, berupa implementasi Layanan Kesehatan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan bulanan kepada para nasabah Bank BTPN dari segmen pensiunan.

Sepanjang 2019 lalu, Layanan Kesehatan telah diberikan di 191 kantor cabang di seluruh Indonesia dan berhasil menjangkau rata-rata 7.000 penerima manfaat (nasabah) per bulan.

"Pada prinsipnya, kerja sama dengan Bank BTPN telah memberikan banyak manfaat baik bagi masyarakat secara umum maupun PDUI secara khusus. Melalui kerjasama tersebut, kami dapat mengedukasi masyarakat tentang pencegahan penyakit dan promosi hidup sehat," ujar Ketua Umum PDUI dr. Abraham Andi Padlan Patarai, M.Kes.

Mengenai bantuan dana dari SMBC Group, ujar Abraham, pihaknya sangat bersyukur dan akan menggunakannya untuk membantu para dokter di garis depan melawan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Terdampak pandemi, BTPN jaga penurunan laba tidak terlalu dalam

Ia mengingatkan bahwa banyak dari kolega tenaga kesehatan yang terpapar bahkan wafat akibat tertular COVID-19.

"Bantuan dana dari SMBC Group akan kami gunakan untuk menyediakan lebih banyak alat pelindung diri, suplemen, pemeriksaan kesehatan rutin, dan pelatihan akselerasi bagi para dokter," katanya.

Sebelumnya, SMBC Group telah menyerahkan bantuan dana sebesar 100 juta yen kepada UNICEF Indonesia untuk membantu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut memperluas program penanggulangan pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap kesehatan anak-anak dan perempuan di Tanah Air.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020