Timnas U-19 kejar ketinggalan tiga gol tahan imbang Arab Saudi 3-3

Timnas U-19 kejar ketinggalan tiga gol tahan imbang Arab Saudi 3-3

Sejumlah pemain tim nasional U-19 berlatih di Lapangan NK Mura, Hlapicina, Kroasia pada Rabu (9/9/2020). Tim nasional U-19 akan menghadapi Arab Saudi pada Jumat (11/9) pada laga ketiga atau terakhir Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia. ANTARA/HO-PSSI/aa.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-19 Indonesia berhasil mengejar ketinggalan tiga gol dari Arab Saudi untuk membuat skor akhir menjadi imbang 3-3 dalam laga terakhir Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Kroasia, Jumat (11/9) malam WIB.

Disaksikan langsung dari saluran resmi turnamen di Jakarta, Jumat, Arab Saudi unggul 3-0 terlebih dahulu melalui dua gol penalti Khalil Ibrahim (27') dan Mohammed Khalil Marran (31'). Gol tambahan lain datang dari kaki Essa Khaleel (37').

Timnas U-19 Indonesia yang pantang menyerah perlahan-lahan bangkit. Irfan Jauhari membuat skor menjad 3-1 di menit ke 45+1.

Saddam Gaffar kemudian ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-52. Braif Fatari kemudian menjadikan kedudukan imbang 3-3 berkat golnya di menit akhir pertandingan.

Hasil tersebut membuat Indonesia mencatatkan dua kali kekalahan dan satu kali seri pada tiga laga Turnamen Persabatan U-19 Internasional di Kroasia.

Sebelumnya, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong takluk dari Bulgaria (skor 0-3) dan Kroasia (1-7).

Baca juga: Timnas U-19 Indonesia takluk 0-3 dari Bulgaria
Baca juga: Timnas U-19 kalah 1-7 dari tuan rumah Kroasia


Pada laga kontra Arab Saudi yang berlangsung di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, timnas U-19 sejatinya tampil berani meladeni permainan lawan sejak menit pertama.

Beberapa peluang tercipta, tetapi tidak ada yang membahayakan lawan.

Arab Saudi yang kerap melakukan serangan balik mendapatkan tendangan penalti pertamanya di menit ke-20 setelah bek Indonesia Komang Tri Wiguna menyentuh bola dengan tangan. Namun, sepakan Mohammed Khalil Marran memantul tiang gawang.

Penalti kembali datang untuk Arab Saudi pada menit ke-27 dengan sebab yang sama yaitu 'hand ball' dari Komang Tri. Kali ini, Khalil Ibrahim tak menyia-nyiakan kesempatan dan membawa timnya unggul 1-0.

Baca juga: Shin Tae-yong tingkatkan porsi latihan timnas U-19 di Kroasia
Baca juga: Latihan keras di Kroasia membuat pemain timnas U-19 pingsan


Arab Saudi menggandakan kedudukan lagi-lagi dari titik putih pada menit ke-32 karena Brylian Aldama melakukan pelanggaran. Mohammed Khalil yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Essa Khaleel kemudian membawa Arab Saudi unggul 3-0 melalui sepakannya.

Tertinggal tiga gol, timnas U-19 Indonesia meningkatkan intensitas serangan.

Di ujung babak pertama, menit ke-45+1, Irfan Jauhari menciptakan gol dengan memanfaatkan umpan silang Witan Sulaeman. Skor 3-1 untuk keunggulan Arab Saudi bertahan sampai jeda.

Baca juga: Timnas U-19 jalani latihan pemulihan pascalaga kontra Kroasia

Di paruh kedua, Saddam Gaffar yang bermain setelah masa istirahat membuat gol di menit ke-52. Dia menendang masuk bola hasil operan Amiruddin Bagas.

Setelah berkali-kali menyerbu lini pertahanan Arab Saudi, gol ketiga Indonesia akhirnya datang dari kaki Braif Fatari.

Diturunkan sebagai penyerang, Braif yang berposisi asli gelandang tersebut mampu menghadirkan gol berkat ketenangannya menyelesaikan peluang di dalam kotak penalti lawan. Skor imbang 3-3 pun bertahan sampai laga usai.

Baca juga: Pemerintah minta timnas U-19 kerja keras selama di Kroasia
Baca juga: PSSI: timnas U-19 lanjut TC di Turki setelah Piala Asia ditunda
Baca juga: AFC pertimbangkan tunda Piala Asia U-16 dan U-19

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kalah telak, Hongkong sanjung kualitas Timnas Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar