Jakarta (ANTARA News) - Dua aksi demonstrasi akan digelar di lokasi yang berbeda di wilayah DKI Jakarta, Jumat, sehingga pengguna jalan diimbau untuk menghindari tempat unjuk rasa untuk menghindari potensi kemacetan.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Jumat pagi, dua unjuk rasa tersebut akan digelar di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

Aksi pertama diagendakan berlangsung di area Jakarta International Container Terminal (JICT) tepatnya di daerah Pos 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang rencananya dimulai pada sekitar pukul 08.00 WIB.

Unjuk rasa tersebut merupakan aksi lanjutan yang telah dilakukan oleh ratusan karyawan kontrak pelabuhan sejak tanggal 1 Februari 2010.

Mereka menuntut peningkatan kesejahteraan dan kejelasan status dari karyawan kontrak ("outsourcing") menjadi pegawai tetap.

Seorang koordinator lapangan aksi tersebut, Sukarno, pada Senin (1/2) mengemukakan, telah banyak pegawai kontrak yang masa kerjanya mencapai belasan tahun, namun pihak pengelola pelabuhan tidak meningkatkan kesejahteraan karyawan kontraknya.

Selain aksi di JICT, terdapat pula jadwal unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, pukul 13.00 WIB.

Para peserta aksi di depan KPK diperkirakan akan berorasi pada permasalahan pengusutan kasus Century yang dilakukan oleh komisi antikorupsi tersebut.

Sebelumnya, dua kelompok yaitu Komite Anti Mafia Peradilan dan Anti Korupsi (KAMPAK) serta Jaringan Pemuda Penggerak (Jumper) juga beraksi di depan KPK, Kamis (4/2), dengan tuntutan agar KPK benar-benar bisa menuntaskan kasus Century.(M040/A038 )

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010