Kominfo dukung perempuan di industri teknologi lewat Girls4tech

Kominfo dukung perempuan di industri teknologi lewat Girls4tech

Logo Kominfo (Kominfo.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung perempuan di industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan mendorong keterampilan STEM (Sains, Teknologi, Engineering/Teknik, Matematika) bagi siswi lewat program pendidikan Girls4tech.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Niken Widiastuti mengatakan bahwa pemerintah mempunyai komitmen yang sangat kuat untuk meningkatkan kesadaran akan TIK pada kaum perempuan.

"Untuk meningkatkan peran perempuan di bidang ICT tentunya bukan cuman pemerintah saja, tentunya harus bergandeng tangan, mulai dari pemerintah, dari swasta, akademisi, dari berbagai pihak," ujar Niken dalam acara virtual yang digelar Selasa.

"Sesuai juga dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, pada 14 Agustus, di dalam pidato kenegaraan, beliau menekankan Indonesia harus meningkat dalam transportasi digital nasional, dan ini merupakan program prioritas pemerintah," dia melanjutkan.

Artinya, transformasi digital menjadi orientasi dari pemerintah selama lima tahun ke depan.

Sementara itu, program pendidikan Girls4Tech yang dicanangkan oleh Mastercard dan YCAB Foundation telah dilaksanakan dari bulan Agustus 2020.

Program, yang merupakan kolaborasi Mastercard dan YCAB untuk Mastercard Academy 2.0, tersebut memiliki inovasi pembelajaran berupa Pelatihan Gamifikasi Online.

"Girls4Tech merupakan komitmen bersama untuk mendukung pendidikan STEM dan pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama mendukung anak usia sekolah," ujar Division President, Southeast Asia Emerging Markets, Mastercard, Safdar Khan.

Senada dengan itu, CEO dan Founder YCAB Foundation, Veronica Colondam, mengatakan Girls4Tech membuka lebih lebar akses perempuan ke teknologi.

"Girls4Tech memberikan kesempatan dan mengeksplorasi talenta perempuan di bidang STEM," Veronica menambahkan.

Dalam program Girls4Tech para siswi dapat bertemu dengan teman-teman yang pandai dan kreatif agar bisa menyelesaikan berbagai persoalan dengan menggunakan teknologi dengan terlebih dahulu mengenali profesi-profesi yang adadi bidang teknologi digital.

Girls4Tech memiliki target 60.000 siswa mengedukasi kelas 5 Sekolah Dasar hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama selama tiga tahun di Jawa Timur, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Baca juga: Microsoft bangkitkan minat wirausaha kaum muda Indonesia

Baca juga: Shopback dan YCAB luncurkan #BerbagiKebaikanCashback

Baca juga: Microsoft bersama YCAB Foundation luncurkan platform GenerasiBisa!

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kominfo targetkan seluruh faskes dapatkan akses internet memadai di 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar