Abuja (ANTARA News/Reuters) - Nigeria memecat pelatih Shaibu Amodu menyusul hasil tim yang berada di urutan ketiga di Piala Afrika dan mulai mencari pelatih baru untuk menghadapi putaran final Piala Dunia yang hanya tinggal empat bulan lagi.

Amodu sebetulnya sempat mendapat dukungan resmi dari pengurus konfederasi di Angola selama Piala Afrika, namun sebuah pertemuan heboh di Abuja yang berakhir hingga Jumat malam, menyatakan pelatih itu harus menerima nasib dipecat.

Itu merupakan hal kedua kalinya Amodu terpaksa lengser dari posisinya menjelang pertandingan putaran final Piala Dunia.

"Keputusan itu diambil ketika adanya pertemuan pengurus. Komisi teknik dari federasi tersebut memiliki mandat untuk mencari pelatih baru diantara beberapa nama yang ada dalam daftar calon pelatih yang akan menggantikan Amodu," kata humas federasi sepakbola Nigeria Idah Peterside.

Dalam daftar terdapat nama mantan pelatih sementara Inggris Peter Taylor, mantan pelatih Senegal pada Piala Dunia 2002 Bruno Metsu dan pelatih Ghana pada Piala Dunia Jerman lalu Ratomir Dujkovic.

Amodu juga pernah dipecat menjelang Piala Dunia 2002 setelah Nigeria berakhir di posisi ketiga Piala Afrika.

Nigeria masuk Piala Dunia tahun ini namun kalah menghadapi Ghana, tim Elang Super itu juga dikalahkan Mesir pada pertandingan pembukaan babak grup dan bahkan harus perlu mendapat penalti untuk bisa mengalahkan Zambia pada pertandingan perempatfinal.

Amodu akan mengambil tugas menangani pemain dalam negeri untuk turnamen Kejuaraan Nasional Afrika, yaitu sebuah turnamen yang melibatkan pemain dalam negeri yang bermain di klub-klub Afrika, kata Peterside.

"Dia akan bertugas mencari pemain berbakat,` katanya.

Dalam undian Piala Dunia, Nigeria berada satu grup dengan Argentina, Yunani, dan Korsel dan tim itu akan bertanding pertama di Afrika Sealtan melawan Argentina di Johannesburg pada 12 Juni.
SYS/A020/T009/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010