Tangerang (ANTARA News) - Suporter Persita Tangerang, Banten, merusak bus kota yang melintas di hadapan mereka sehingga kaca dan lampu serta peralatan kendaraan itu hancur menjelang kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2009-2010 yang digelar di Stadion Benteng, Tangerang, hari ini.

Dari pemantauan ANTARA, Sabtu bus kota jurusan Blok M - Tangerang  itu sengaja dihancurkan suporter Persita.

Para pendukung tim yang mayoritas berseragam serba ungu itu sengaja membawa batu, kayu dan balok menghancurkan kaca serta lampu kendaraan itu di jalan Iman Bonjol depan pabrik PT CRC di Kelurahan Nusajaya, Kecamatan Karawaci, Tangerang.

Sopir bus, Ahmad (50) dan kondekturnya tidak kuasa melarang pendukung tim berjuluk Pendekar Cisadane itu ketika mereka menumpang hendak menonton pertandingan tuan rumah menghadapi PASP Sigli, Aceh.

Para penumpang dalam bus terutama wanita dipaksa turun, tapi karena jumlahnya lebih banyak  bus tetap tidak mampu menampung.

Sopir terpaksa menghentikan sehingga pendukung mulai beraksi anarkis dengan sebagian menghancurkan kaca depan dan belakang serta bagi sisi kanan dan kiri.

Pengrusakan kendaraan umum oleh pendukung Persita itu sudah sering dilakukan, pada pertandingan sebelumnya juga dilakukan jalan Moch. Toha Kecamatan Periuk, Tangerang.

Meski petugas sudah berupaya menghentikan aksi anarkis itu, namun mereka tetap melakukan tindakan serupa usai menonton pertandingan.

Selain bus, pendukung Persita juga merusak angkutan kota jurusan Bojong Nangka, Kecamatan Legok - Cikokol tampak kaca depan kendaraan itu hancur.

Dalam pertandingan itu, tuan rumah tidak mampu menambah nilai dan hasil yang diraih imbang 0-0 hingga babak terkahir peluit panjang yang dibungikan wasit Hasanudin asal Sidoarjo, Jatim. (*)

A047/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010