Sleman (ANTARA News) - Dua upacara adat saparan siap digelar masyarakat Kabupaten Sleman sebagai penutup sejumlah kegiatan ritual yang berlangsung selama bulan Sapar (kalender Jawa).

"Dua upacara adat yang siap digelar untuk menutup sejumlah kegiatan selama bulan Sapar ini adalah Grebeg Saparan Wonorjo- Ponggol dan upacara Ngrowhod Dusun Nangsri Girikerto Turi yang dijadwalkan pada 13 dan 14 Februari nanti," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Wasita, Selasa.

Menurut dia, Grebeg Saparan Wonorjo- Ponggol di gelar pada Sabtu 13 Februari 2010 Jam 15.00 WIB di Dusun Wonorejo-Ponggol Hargobinangun Pakem berupa kirap budaya.

"Kirab budaya ini akan membawa grebeg gunungan sayuran, buah-buahan, bibit, bahan makanan," katanya.

Selain grebeg gunungan kegiatan ini juga dimeriahkan pentas seni, pelepasan burung merpati dan rebutan gunungan.

"Kegiatan budaya yang ditargetkan akan diikuti sekitar 600 peserta ini mengambil tema `Hamemayu Hayuning Bawono` yang berarti memperindah dunia yang indah," katanya.

Ia mengatakan, ucapara adat "Ngrowhod" yang digelar masyarakat Turi pada Minggu 14 Februari mengambil tema "Ngleluri Ombyaking Warga Hametri Kuncara Desa" dijadwalkan akan mulai berlangsung pukul 09.00 WIB di Dusun Nangsri Girikerto Turi.

"Upacara adat ini berupa kirab budaya, karnaval tumpeng, hasil bumi, pawai kendaraan hias, berbagai kesenian tradisional dan semua peserta berbusana adat Jawa," katanya. (V001/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010