San Francisco (ANTARA News) - Google berencana membuat uji coba baru guna mengukuhkan kekuatannya dalam gegap gempita bisnis jejaring sosial pada Selasa, sebagai perlawanan dari pertumbuhan ancaman Facebook di beberapa layanan intinya.

Perusahaan mesin pencari itu tengah mempersiapkan peluncuran fitur baru di Gmail. Fitur baru itu akan menambah kemampuan Gmail untuk berhubungan dengan beberapa aspek dari situs jejaring sosial yang sedang pesat berkembang.

Bagaimanapun, upaya dini Google dalam membangun sebuah kehadiran jejaring sosial telah gagal dalam meningkatkan daya tarik, dan analis mengatakan bahwa perusahaan itu masih akan sulit untuk membalikkan keadaan dari Facebook dengan rencana barunya kali ini.

"Apapun yang dilakukan Google terhadap Gmail harus dilihat sebagai manuver pertahanan," kata Ray Valdes seorang analis di Gartner.

Layanan ngobrol online (chat) Google, yang merupakan bagian dari Gmail, sudah memanjakan penggunannya untuk melakukan "update status" singkat, serupa dengan pesan yang biasa ditemui pada Facebook atau twitter.

Berdasarkan laporan USAtoday.com, Google berencana memberikan penggunanya cara untuk meng-update (pembaruan) berbagai macam kontak pada layanannya.

Facebook memiliki layanan pesan yang mempermudah penggunanya berkomunikasi secara langsung satu dengan lainnya tetapi hal itu masih memiliki kekurangan dan tidak terhubung kepada sistem e-mail lainnya.

Berdasar laporan TechCrunch, Facebook berencana meningkatkan layanannya untuk bersaing secara langsung dengan Gmail dan sistem email lainnya

Google memutuskan untuk menggali lebih jauh penggunaan layanan Gmail sebagai dasar dari serangan barunya ini dalam dunia bisnis jejaring sosial yang sebagian menggambarkan kegagalan dari upaya dininya memasuki sektor tersebut.

Jejaring sosial milik Google, Orkut, hanya sukses di Brazil meski layanan ini lebih dulu diluncurkan ketimbang Facebook. Hal serupa juga terjadi ketika Google mengakuisisi Jaiku yang merupakan rival Twitter.

Dengan 150 juta lebih pengguna uniknya sebulan, berdasarkan ComScore, Gmail dapat memberikan Google sebuah batu loncatan dalam jejaring sosial.

Dengan fasilitas update status dalam Gmail, Google memiliki kelengkapan elemen elemen dari itu semua, penggabungan, dan menjadi alternatif lain untuk facebook.
(yud/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010