Golf

Otot 'ilmuwan gila' DeChambeau tervalidasi di AS Terbuka

Otot 'ilmuwan gila' DeChambeau tervalidasi di AS Terbuka

Bryson DeChambeau merayakan keberhasilannya di green ke-18 setelah menjuarai turnamen golf AS Terbuka di Winged Foot Golf Club, Mamaroneck, New York, AS, 20 September 2020. (REUTERS/USA TODAY Sports/Brad Penner)

Saya tiba-tiba berubah jauh lebih kuat, berolahraga setiap hari, berlatih setiap hari, dan tiba-tiba - bukan karena tongkat golf, tapi karena saya, saya bisa menambah jarak sampai 20, 25 yard
Jakarta (ANTARA) - Gaya menyimpang dari kebiasaan yang dipraktikkan Bryson DeChambeau mendapatkan validasinya Minggu ketika "si ilmuwan gila" yang pengusung kekuatan fisik dalam PGA Tour itu merebut gelar juara AS Terbuka dengan selisih besar enam pukulan dan membungkam banyak keraguan terhadap dia.

Sejak dia meluncurkan serangkaian tongkat golfnya pada awal karir profesionalnya, mantan mahasiswa jurusan fisika ini telah memulai misi yang dilakukan sendirian dalam merevolusi golf, menghadapi banyak keraguan di dunia golf yang menempat tradisi di atas segalanya.

Eksperimen terbarunya mungkin yang paling ambisius: transformasi fisik yang membuat lelaki berusia 27 tahun itu memiliki otot sebesar 14 kg berkat diet kalori tinggi dan berjam-jam menghabiskan waktu di gym selama jeda Tur PGA tahun ini, demi menambahkan kecepatan yang menakjubkan kepada drive-nya.

Baca juga: DeChambeau kencangkan otot untuk sabet gelar juara AS Terbuka

"Saya tiba-tiba berubah jauh lebih kuat, berolahraga setiap hari, berlatih setiap hari, dan tiba-tiba - bukan karena tongkat golf, tapi karena saya, saya bisa menambah jarak sampai 20, 25 yard," kata DeChambeau setelah memenangi gelar juara turnamen utama perdananya seusai mengalahkan sesama pegolf Amerika Serikat Matthew Wolff.

Juara empat kali turnamen utama Rory McIlroy, yang finis urutan ke-8 di Winged Foot Golf Club itu mengatakan kepada wartawan bahwa dia awalnya skeptis pendekatan keras ala DeChambeau itu akan berhasil dalam jangka panjang setelah menghadapi dia di Colonial pada Juni.

"Saya mau bilang, oke, tunggu sampai dia mendapatkan lapangan golf yang layak, dia harus mengendalikannya kembali," kata McIlroy. "Lihat apa yang terjadi. Ya, dia amat yakin pada apa yang dia lakukan, dan itu cukup mengesankan."

Baca juga: Matthew Wolff sementara puncaki AS Terbuka

Tidak seperti beberapa eksperimen-eksperimen sebelumnya --termasuk menggunakan kompas yang kini dilarang dan teknik menempatkan "pelana samping" yang sudah dia coba yang segera dia tinggalkan pada 2017-- DeChambeau mengatakan kepada wartawan bahwa pendekatan baru ini akan dia pertahankan karena berusaha menambahkan berat 10 pound atau lebih lagi sebelum turnamen Masters digelar November nanti.

"Saya kira saya pasti mengubah cara orang dalam memandang permainan ini. Kini, entah Anda bisa melakukannya, itu adalah situasi yang sama sekali berbeda. Ada banyak orang yang akan melakukannya lebih jauh lagi," kata DeChambeau, yang berencana mencoba (tongkat golf) driver sepanjang 48 inci (1,2 meter) pekan depan. Itu 2,5 inci lebih panjang dari stik golf yang sudah sedikit berada di atas rata-rata.

"Ada banyak pegolf muda yang merupakan pemain yang luar biasa, dan saya kira generasi berikutnya yang masuk golf mudah-mudahan akan melihat ini dan lalu bilang, hei, saya juga bisa melakukannya."

Baca juga: McIlroy bangkit untuk hidupkan asa juara AS Terbuka

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar