Stockholm (ANTARA News) - Pereli dari Finlandia Mikko Hirvonen memimpin hari pertama Reli Swedia yang berlangsung Jumat waktu setempat (Sabtu dinihari WIB) sedangkan pebalap F1 yang baru terjun ke kancah reli dunia Kimi Raikkonen tertinggal 25 menit lebih setelah kendaraannya menabrak tebing salju.

Pereli yang mengendarai Ford, Hirvonen, yang kekhilangan gelar atas juara dunia enam kali Sebastien Loeb hanya dengan beda satu poin musim lalu, memenangi tiga special stage (SS) pada hari pertama itu sedangkan saingannya dari Prancis unggul dalam dua SS awal pada perlombaan di lintasan yang ditutupi es di sekitar Karlstad.

"Kami dapat menemukan irama permainan pada tiga lintasan akhir dan kami menguasainya," kata Hirvonen dalam laman www.wrc.com dan dikutip Reuters.

"Kami harus mempertahankan posisi pada perlombaan berikutnya," katanya.

Hirvonen membuat jarak 6,2 detik atas saingannya yang memacu Citroen, Loeb, sedangkan Dani Sordo di urutan ketiga setelah memenangi super special stage Kamis.

Raikkonen, pertama kali mengikuti kejuaraan reli dunia (WRC) setelah berpaling dari perlombaan F1, lebih dari 25 menit terpaut di belakang pimpinan lomba, setelah mengalami insiden pada akhir lintasan keenam.

Pereli anyar itu bergabung dengan tim Citroen Junior C4 terjebak dalam kubangan salju dan keluar dari salju itu setelah berusaha sendiri selama setengah jam.(A008/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010