Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumut, H Syamsul Arifin hingga saat ini belum menentukan atau mengangkat Penjabat Walikota Medan yang baru menggantikan Rahudman Harahap.

Rahudman telah mengundurkan diri karena maju sebagai bakal calon Walikota Medan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada Mei 2010.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Medan, Hanas Hasibuan menjawab ANTARA di Medan, Senin sore pukul 17.00 WIB, ketika ditanyakan mengenai pengganti Rahudman Harahap yang menggundurkan diri sebagai penjabat Walikota di daerah itu.

Rahudman Harahap mengundurkan diri sebagai Penjabat Walikota Medan, tertanggal 13 Februari 2010, karena ikut serta pada Pilkada 2010.

Rahudman Harahap yang bakal calon Wali kota Medan pada periode 2010-2015 itu akan berpasangan dengan bakal calon Wakil Wali kota Medan, Dzulmi Eldin yang juga Sekda Kota Medan.

Sedangkan, Dzulmi Eldin juga Ketua Umum PSMS Medan itu juga telah mengundurkan diri sebagai Sekda Kota Medan pada hari, Sabtu, (13/2).Kedua pasangan itu disebut-sebut dicalonkan Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Hanas mengatakan, untuk menentukan Pj Walikota Medan itu merupakan wewenang Gubernur Sumut."Gubernur yang berhak menentukan pengganti Pj Walikota.Untuk itu kita masih menunggu siapa penjabat tersebut,"katanya.

Selain menentukan Pj Walikota Medan, Gubernur Sumut juga akan mengangkat Sekda Kota Medan yang baru menggantikan Dzulmi Edin.

"Saya rasa SK mengenai Pj Wali kota Medan dan Sekda Kota Medan itu, akan secepatnya dikeluarkan oleh Gubernur Sumut," ujar Hanas yang mantan Humas RSU Pirngadi Medan.

Ditanya siapa nama Pj Walikota dan Sekda Kota Medan itu, Hanas mengatakan, sampai sampai saat ini dia juga belum mengetahuinya."Saya sampai sore ini belum tahu siapa Pj Walikota dan Sekda Kota Medan," ujarnya.

Menurut dia, kalau memang ingin tahu dengan jelas siapa nama Pj Walikota dan Sekda Kota Medan itu, silahkan saja hubungi Humas Pemprov Sumut.

"Saya kira Humas Pemprov Sumut itu sudah mengetahui nama Pj Walikota dan Sekda. Kalau saya sampai sore ini belum dapat informasi dan kita tunggu saja lah," ujar Hanas. (M034/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010