Jakarta (ANTARA) - Tiga juru taktik asal Jerman bersaing dalam nominasi Pelatih Terbaik UEFA 2019/20 untuk kategori tim putra yang diumumkan pada Rabu.

Ketiganya adalah manajer Bayern Muenchen Hansi Flick, manajer Liverpool Juergen Klopp dan manajer RB Leipzig Julian Nagelsmann.

Flick memang menjalani lebih kurang separuh musim yang luar biasa bersama Bayern.

Ia mewarisi Bayern yang tertatih-tatih di peringkat keempat Bundesliga dari tangan Niko Kovac pada November sebelum menorehkan rentetan 20 laga tak terkalahkan demi mengantarkan Die Bavaria meraih trigelar Bundesliga, Piala DFB Pokal dan Liga Champions.

Baca juga: Flick lega Bayern mampu jawab persoalan hentikan lini depan PSG

Sedangkan Klopp yang mengawali musim 2019/20 dengan memenangi Piala Super UEFA mengantarkan Liverpool jadi tim pertama yang juara Liga Premier Inggris menyisakan tujuh sisa pertandingan serta finis dengan marjin keunggulan 18 poin di pengujung musim.

Sementara Nagelsmann dalam usia 33 tahun jadi pelatih termuda yang pernah mengantarkan tim yang ditanganinya memenangi pertandingan babak gugur Liga Champions, kendati Leipzig langkah terhenti di semifinal.

Ketiganya mengungguli manajer Paris Saint-Germain Thomas Tuchel yang hanya mendapat 76 suara, Gian Piero Gasperini (Atalanta/68 poin), Julen Lopetegui (Sevilla/57 suara), Rudi Garcia (Olympique Lyon/32 suara), Zinedine Zidane (Real Madrid/25 suara), Pep Guardiola (Manchester City/11 suara) dan Antonio Conte (Inter MIlan/9 suara).

Baca juga: Klopp: Liverpool harus lebih baik agar tetap selangkah di depan
Baca juga: Nagelsmann bilang Upamecano yang diincar MU tetap di Leipzig


Penerima penghargaan Pelatih Terbaik UEFA 2019/20 kategori putra akan diumumkan pada 1 Oktober mendatang berbarengan undian grup Liga Champions 2020/21 di Nyon, Swiss.

Sementara itu untuk kategori tim putri terdapat pelatih kepala Barcelona Lluis Cortes, Stephan Lerch (VfL Wolfsburg) dan Jean-Luc Vasseur (Olympique Lyon) sebagai tiga nominasi final.

Baca juga: Salzburg dan Krasnodar raih kemenangan pada playoff Liga Champions
Baca juga: Ibrahimovic antar Milan lolos ke putaran tiga kualifikasi Liga Europa
Baca juga: Kane lega Tottenham bisa lewati Lokomotiv Plovdiv di Liga Europa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020