Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menegaskan, bangsa Indonesia saat ini membutuhkan keteladanan dan pemimpinnya untuk mampu melakukan perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.

"Kami sekarang perlu keteladanan pemimpin. Kami ingin pemimpin yang jujur yang berani mengatakan benar ataupun salah," kata Surya Paloh pada pidato politik saat deklarasi Nasdem di Makassar, Sulsel, Senin.

Menurut Surya Paloh, saat ini bangsa Indonesia tidak memiliki pemimpin yang berani secara tegas dan ksatria mau mengakui jika berbuat salah dan juga sebaliknya.

Selama ini, katanya, sosok pemimpin yang tegas, berani dan jujur itu hanya ada di cerita-cerita atau dongeng-dongeng saja."Sekarang ini seakan-akan kita semua perlu topeng, seolah-olah kita harus bersandiwara. Sekarang ini kita takut mengatakan apa yang sebenarnya," kata Paloh.

Dalam kesempatan itu tokoh pers nasional tersebut mengakui Indonesia memerlukan pemerintahan yang kuat untuk melakukan pembangunan.

Menurut dia, Nasdem akan memberikan dukungan penuh adanya pemerintahan yang kuat."Kita tidak ingin pemerintahan yang lemah, yang tersandera oleh kegenitan elit politik," kata Paloh dengan berapi-api.

Paloh menjelaskan, keteladanan dari pemimpin sangat penting untuk menumbuhkan semangat masyarakat untuk membangun. "Kita perlu keteladanan seorang pemimpin dari segala tingkatan, baik formal maupun informal," katanya.

Karena itu, tambah Paloh, jika ada pandangan dan pemikiran yang disampaikan Nasdem berbeda, jangan dilihat sebagai lawan, melainkan lerbih dimaknai sebagai nasihat dan peringatan dari seorang sahabat.(J004/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010