Jakarta (ANTARA) - Semua orang mendambakan kulit yang tampak sehat, namun kesibukan sehari-hari membuat melakukan perawatan kulit menjadi terasa sulit. 

Untuk mendapatkan kulit yang sehat memang diperlukan perawatan secara rutin, namun tidak selalu harus melewati ritual yang memakan waktu lama.

Dilansir Indian Express, ada lima langkah mudah yang dapat Anda ikuti dan rutinitas tersebut tidak akan menghabiskan banyak waktu. Yang pertama harus dilakukan adalah minum banyak air putih.

Secara eksternal, Anda dapat menerapkan banyak hal pada wajah, tetapi jika Anda tidak membersihkan diri dari dalam, kemungkinan tidak dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga: Manfaat air beras untuk kesehatan kulit wajah

Baca juga: Mencerahkan kulit tanpa perawatan, bisa?


Air bertindak sebagai detoksifikasi alami yang membersihkan seluruh sistem dan membuang zat yang tidak diinginkan dari tubuh.

Setelah banyak minum air putih, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah minum segelas air lemon hangat di pagi hari. Hal ini dapat meningkatkan pencernaan dan membersihkan tubuh Anda dari dalam dengan membuang semua racunnya.

Ketiga, melakukan eksfoliasi alami dan ringan. Gunakankan exfoliant rumahan yang lembut di wajah.

Eksfoliasi adalah suatu keharusan, karena membantu menyingkirkan sel kulit mati. Ini wajib dilakukan untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

Selain itu, selalu gunakan toner. Tidak banyak orang yang mengetahui hal ini dan cenderung sering dilewati saat membersihkan wajah.

Penggunaan toner dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit. Ini juga bisa membuat kulit terasa segar setelah membersihkan wajah. Sebaiknya, gunakanlah toner yang mengandung air mawar.

​​​​​Terakhir, gunakan selalu tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Tidak hanya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV matahari, tabir surya biasanya dapat memberi kilau alami pada kulit bahkan beberapa orang memakainya sebagai alas bedak sebelum mengaplikasikan riasan.

Baca juga: Kulit sehat berkilau dengan masker wajah dari susu bubuk

Baca juga: Kebiasaan sederhana agar kulit sehat bercahaya

Baca juga: Stop pakai foundation, trik pemulihan kulit ala Vinna Gracia


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020