Jakarta (ANTARA) - Pakar dermatologi lulusan Universitas Gadjah Mada dr. Danar Wicaksono, MSc. SpDV memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan kulit kepala di saat musim hujan tiba.

“Menurut studi yang diterbitkan pada ‘Journal of Cosmetics Dermatological and Applications”, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali,” kata Danar melalui keterangan persnya, Sabtu.

Dia menambahkan, “Oleh sebab itu, dengan kandungan Niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat. Berdasarkan studi lainnya, Niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali,” katanya.

Baca juga: Kulit kepala sehat jadi kunci rambut indah dan kuat

Selain itu, lindungi kulit kepala dari udara dingin dan lembab berlebih. Saat musim penghujan, suhu udara cenderung lebih dingin ditambah dengan kelembaban udara yang meningkat, sehingga dapat memicu munculnya ketombe karena udara yang dingin dan lembab.

Kondisi ini dapat menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas sehingga menyebabkan ketombe kering muncul. Tidak hanya itu, kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa dikeringkan dengan baik juga bisa menyebabkan munculnya ketombe basah karena terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

Terakhir, bersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin. Udara yang lembab dan dingin di musim hujan membuat rambut lebih rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya rambut berketombe.

Baca juga: Kulit kepala juga perlu eksfoliasi

Oleh karena itu, cuci rambut secara rutin agar rambut tetap terjaga kebersihannya. Untuk mencuci rambut, salah satu produk yang bisa digunakan adalah sampo CLEAR varian terbaru dengan menghadirkan teknologi 10x Super Vitamin Niacinamide untuk menjaga kekuatan scalp barrier dan mengatasi ketombe.

Produk CLEAR varian terbaru hadir dengan berbagai komposisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit kepala, seperti CLEAR Perawatan Komplit, CLEAR Menthol Segar, CLEAR Lemon Bersih dan Segar, serta CLEAR MEN Menthol Fresh Active yang didesain khusus untuk perawatan kulit kepala pria.

Baca juga: Pijat dan terapi kulit kepala bantu percepat pertumbuhan rambut
 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023