Jakarta (ANTARA) - Sejumlah ahli setuju bahwa terapi kulit kepala dan pijat sebagai salah satu kiat paling ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

“Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang cepat adalah pijat kulit kepala,” kata Penata Rambut asal Chicago, Amerika Serikat (AS), Raven Hurtado, dilansir dari Glamour, Jumat (15/9).

Hurtado merekomendasikan untuk menggunakan minyak, seperti minyak rosemary, untuk pijat kulit kepala, karena kandungannya dapat melebarkan pembuluh darah dan membuat folikel rambut tumbuh.

Di Indonesia juga telah banyak produk perawatan rambut yang berbahan dasar tumbuhan yang biasa digunakan untuk penyedap steak tersebut.

Baca juga: Ahli bagikan kiat cegah pengguna hijab terhindar dari kebotakan 

Penata rambut profesional asal Los Angeles, AS, Laurabeth Cabbot, juga menyebut stimulasi kulit kepala adalah cara yang bagus untuk menstimulasi folikel rambut.

“Terapi pengobatan alami pun dapat membantu, seperti akupunktur kulit kepala. Jika lebih suka melakukan terapi di rumah, ada banyak alat pijat yang merangsang kulit kepala,” kata dia.

“Apa pun yang membantu memanipulasi kulit kepala membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk sisir dan cara menggunakannya,” kata penata rambut selebritas Marc Mena menambahkan.

Mena mengaku selalu memberitahu kliennya untuk menyikat kulit kepala mereka dengan sisir boar bristle brush atau juga dikenal dengan sebutan grooming brush, sisir favorit para putri di negeri dongeng. Sisir ini berbentuk seperti sikat, bulu sikatnya halus dan padat.

“Belah saja rambutmu, dan sisir pula bagian kulit kepala. Ini memanipulasi kulit kepala, membantu memproduksi minyak alami, dan membantu menumbuhkan rambut,” jelas Mena.

Baca juga: Mengikat rambut terlalu kencang bisa sebabkan kemunduran garis rambut

Dermatologis asal New York, AS, Michelle Henry, pun setuju dengan kiat-kiat yang diberikan oleh para penata rambut tersebut. Menurutnya, kulit kepala yang sehat sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal.

“Pijat kulit kepala secara teratur dengan tekanan lembut dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke folikel rambut, dan peningkatan aliran darah ini membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke akar rambut, sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat,” ujarnya.

Henry mengatakan bahwa menggabungkan terapi tersebut dengan serum dan minyak kulit kepala akan menjadi jalan keluar paling efektif, apa lagi jika ditambah suplemen terkait atau pengobatan lainnya.

Baca juga: Tips perawatan rambut ala Patricia Gouw

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023