Jakarta (ANTARA) -
Dokter spesialis dermatologi rambut dan estetika lulusan Universitas Udayana dr. Nevristia Pratama Sp.DVE memberikan kiat mencegah penuaan rambut sedari dini dengan menutrisi rambut melalui vitamin dan makanan tinggi protein.

"Kita dapat konsumsi nutrisi atau suplemen vitamin untuk kesehatan rambut, salah satunya makanan tinggi protein, dapat juga konsumsi vitamin C dan B5, dan suplemen dengan kandungan biotin atau zinc," kata Nevri dalam diskusi terkait kesehatan rambut di Jakarta, Rabu.

Nevri menjelaskan penuaan rambut juga bisa terjadi akibat kebiasaan sederhana yang ternyata merusak rambut dan berpotensi rambut menjadi gampang rapuh seperti menyisir dan mengikat rambut saat basah.

Ia menyarankan untuk menyisir dan mengikat rambut saat rambut sudah kering dan saat styling rambut tidak dianjurkan terlalu panas dan sesuaikan dengan jenis rambut.

Baca juga: Tren perawatan kulit kepala untuk kesehatan rambut

Baca juga: Teknologi Baru Mengubah Perawatan Kebotakan Dengan Menggunakan Jenggot dan Rambut Tubuh

 
"Styling boleh cuma sebaiknya secukupnya dan panasnya nggak terlalu tinggi sesuai dengan jenis rambut," katanya.

Nevri mengatakan perawatan rambut juga bisa dilakukan dari luar, yakni dengan mengaplikasikan produk vitamin rambut yang mengandung antioksidan tinggi seperti Moroccan Oil, Argan Oil dan Flavonoid.

Salah satu fungsi senyawa antioksidan, yaitu untuk melindungi rambut dari proses penuaan dan radikal bebas sinar uv matahari. Antioksidan juga memiliki fungsi lain, yaitu menjaga kelembaban rambut.

"Moroccan oil diketahui bahan utama produk perawatan rambut yang bagus karena mengandung minyak argan, zaitun dan esensial lain, memperkuat struktur rambut helaian dan elastisitas, mencegah peradangan kulit kepala agar pertumbuhan rambut lebih optimal," katanya.

Selain itu juga pijatan lembut pada rambut juga dapat memperlancar peredaran darah di kepala sehingga membuat pertumbuhan rambut lebih optimal. Usahakan juga untuk memotong rambut setidaknya setahun 2 kali agar tidak ada rambut bercabang.

"Harus rutin cuci rambut dengan sampo sesuai dengan kondisi rambut, dan potong rambut agar ada pertumbuhan rambut," tutup Nevristia.

Baca juga: Pijat dan terapi kulit kepala bantu percepat pertumbuhan rambut

Baca juga: Tips perawatan rambut ala Patricia Gouw

Baca juga: Manfaat cuka sari apel untuk kesehatan rambut

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024