Jakarta (ANTARA) - Cuka sari apel selain bermanfaat bagi pencernaan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut.
 
Ditulis laman Glamour UK Jumat (8/12) waktu setempat, perawatan rambut yang bersifat topikal ini dapat digunakan sebagai pengganti produk seperti sampo, kondisioner, dan bilasan, yang semuanya berfungsi untuk memperbaiki kondisi rambut Anda secara keseluruhan.
 
Hairstylist dan Wakil Presiden Pendidikan Teknis R+Co Adam Federico juga mengatakan hal yang sama.
 
“Cuka sari apel sangat baik dalam banyak hal. Ini membuat rambut tampak sehat dan berkilau, dan mengembalikan keseimbangan pada kulit kepala yang teriritasi," kata Federico.
Namun ahli trikologi dan penata rambut utama Dawn Bacchi menyarankan untuk tetap mempertimbangkan pemakaian cuka sari apel untuk perawatan rambut, terlebih jika anda memiliki rambut atau kulit kepala yang kering karena dapat memperburuk keadaan.
 
Dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick , MD, FAAD, setuju, dan mencatat bahwa hal itu dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.
 
“Penting untuk menghindari penggunaan berlebihan untuk meminimalkan potensi iritasi, dan sebaiknya hindari penggunaan jika ada luka terbuka atau luka,” jelasnya.
 
Sementara itu, banyak manfaat yang bisa diambil dari perawatan rambut menggunakan cuka sari apel.
 
Penata rambut selebriti Clyde Haygood mengatakan Apple cider vinegar (ACV) memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membersihkan rambut untuk menghilangkan sisa produk yang menumpuk di helaian rambut kita, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur.
 
Cuka sari apel juga dapat menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan dapat membantu mengencangkan kulit kepala, dengan kata lain, membantu menjaga pH kulit kepala yang tepat, kata Adam Bennett ahli trikologi bersertifikat.
 
"Sifat penjernihan ACV membersihkan rambut dengan lembut, membersihkan residu dari produk penataan rambut dan polutan lingkungan,” lanjut Bennett.
 
Selain itu, ACV melakukannya tanpa mengeringkan rambut atau kulit Anda. ACV dapat menghilangkan penumpukan tanpa menghilangkan minyak alami pada rambut, yang dapat mencegah produk pelembab menembus batang rambut.
 
Karena ACV memiliki manfaat anti inflamasi, maka cuka dari apel ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan sekaligus membantu mengurangi rasa gatal, kata Dr. Garshick.
 
ACV juga dapat mengurangi masalah ketombe, mengembalikan kilau pada rambut kusam, meningkatkan volume rambut dan menghaluskan rambut.
 
Cara terbaik adalah menggunakan produk yang mengandung ACV seperti shampo dan kondisioner ACV dengan cara menyabuni dan memijat rambut basah selama kurang lebih 2 menit. Ini akan membuat bahan-bahannya benar-benar meresap lalu dibilas hingga bersih. Untuk hasil terbaik, Clyde Haygood merekomendasikan penggunaan sampo dan kondisioner ACV secara bersamaan.
 
Bagi mereka yang memiliki rambut tipis atau rapuh, disarankan untuk mengaplikasikannya setiap beberapa minggu atau dua kali sebulan. Mereka yang memiliki kulit kepala sensitif sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakannya hanya beberapa kali dalam sebulan.

Baca juga: Rambut kotor berdampak pada kesehatan kulit hingga infeksi

Baca juga: Terapi sekretom bisa jadi pilihan mencegah kebotakan rambut

Baca juga: Mengonsumsi makanan bergizi untuk jaga kesehatan pertumbuhan rambut

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023