Jakarta (ANTARA) - Jika Anda sedang mencoba menumbuhkan rambut lebih cepat, mengatasi penipisan rambut, atau memperbaiki helai rambut, para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi makanan bergizi berguna untuk menjaga kesehatan pertumbuhan rambut.
 
"Mengonsumsi makanan yang seimbang, lengkap, dan bergizi sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda,” kata dokter kulit Lauren Penzi, MD, dilaporkan laman Glamour UK, Senin (16/10).
 
Protein adalah kelompok makanan penting untuk rambut, karena rambut terdiri atas protein yang disebut keratin, dan asam amino seperti L-sistein, dan L-lisin juga diperlukan, karena merupakan bahan penyusun protein.

Baca juga: Mengikat rambut terlalu kencang bisa sebabkan kemunduran garis rambut
 
Kekurangan nutrisi berkontribusi pada penipisan dan kerontokan rambut. Diet yang sangat ketat adalah yang paling berisiko berkontribusi karena mereka cenderung kekurangan nutrisi seimbang yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut.
 
"Pola makan yang seimbang untuk kesehatan rambut harus mencakup namun tidak hanya terbatas pada vitamin D, vitamin C, folat (vitamin B12), riboflavin (vitamin B2), biotin, zat besi, seng, selenium, antioksidan, dan omega-3 dan omega-6 asam lemak, namun mencakup juga makronutrien dalam jumlah yang cukup seperti protein dan lemak sehat,” kata dokter kulit bersertifikat di New York Blair Murphy-Rose, MD, FAAD.
 
Tubuh yang diberi nutrisi oleh serangkaian vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak akan memiliki rambut yang sehat, kecuali mungkin jika terjadi kondisi yang berdampak pada kesehatan rambut.
 
Ahli gizi Serena Poon mengatakan mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan berwarna, sayuran, lemak nabati, dan biji-bijian akan mengubah kesehatan Anda dalam banyak hal, termasuk membuat rambut indah.

Baca juga: Rambut bebas rontok dimulai dari kulit kepala sehat
 
Beberapa makanan yang dapat mencegah kerontokan rambut adalah daging tanpa lemak dan unggas, kacang-kacangan, tiram, alpukat, ikan salmon.
 
Termasuk juga telur, produk susu dan turunannya, buah beri dan tetap terhidrasi dengan air.
 
Selain mendapatkan nutrisi yang tepat, Dr. Murphy-Rose mengatakan modifikasi gaya hidup lainnya dapat meningkatkan kesehatan rambut. Stres memainkan peran utama dalam kesehatan rambut.
 
Pastikan untuk mengurangi stres sebanyak mungkin dengan melakukan aktivitas yang mengurangi tingkat stres, dan cukup tidur serta berolahraga.
 
Sementara bagi mereka yang menjalani diet ketat, atau yang kesulitan mendapatkan nutrisi yang cukup dalam rutinitas sehari-hari, mungkin ingin mempertimbangkan suplemen untuk kesehatan rambut yang optimal dengan memperhatikan kandungan kolagennya.

Baca juga: Ahli kesehatan: Transplantasi bisa jadi opsi terapi kebotakan

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023