Bekasi (ANTARA News) - Arus lalulintas di Ruas tol Jakarta - Cikampek, mengalami kepadatan sepanjang 300 hingga satu kilo meter akibat libur akhir pekan yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pantauan ANTARA melalui layar `Closed Circuit Televition` (CCTV) di Sentral Informasi dan Komunikasi (Senkom) PT Jasamarga Cabang Jakarta-Cikampek, di jalan Teuku Umar, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat menunjukan situasi lalulintas hingga Kamis pukul 19.00 WIB, padat merayap.

Beberapa titik kepadatan lalulintas di Bekasi diantaranya pintu tol Pondok Gede Timur, pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, Cikarang Timur, Pintu Tol Cikarang Barat, dan Cikarang Cibitung. "Antrian rata-rata mulai dari 500 meter hingga dua kilo meter. Rata-rata pengendara melaju ke arah Bandung dan sekitarnya," kata ujar Ade Prihatna, Petugas Piket Senkom, kepada ANTARA, di Bekasi, Kamis.

Badan jalan sepanjang 73 KM, mulai dari Simpang Susun Cawang, Jakarta hingga Cikopo, Mayoritas dilalui kendaraan milik pribadi, serta angkutan umum jenis bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Malam ini Tol Jakarta-Cikampek mengalami peningkatan sekitar 8.000 kendaraan. Peningkatan terjadi sejak pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB.," kata Ade.

Dikatakan Ade, kepadatan juga terjadi menjelang tempat-tempat peristirahatan sepanjang lebih kurang 300 meter. "Diantaranya di kawasan Tambun Selatan dan pintu tol Cikarang. Kepadatan ini diakibatkan oleh tingginya volume kendaraan pada libur akhir pekan," ujarnya.

Sementara itu, Yudhi Natalegawa (28), pengendara yang dijumpai di kawasan SPBU Tambun Selatan, mengaku akan berkendara menuju Bendung. "Liburan kali ini berlangsung selama tiga hari, jadi akan saya habiskan bersama keluarga di Bandung," kata Yudhi, salah seorang karyawan swasta di Bekasi.
(T.PK-AFR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010