Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar "Super Champions" kelas bulu WBA, Chris John, kembali berlatih di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, untuk perisapan menghadapi pertarungan perebutan gelar di Bali, 22 Mei 2010.

"Saya di sana sekitar satu setengah bulan, kemudian dilanjutkan latihan di Sasana Mirah Silver Bali atau Banyuwangi sampai menjelang pertarungan mendatang," kata Chris John ketika dihubungi menjelang berangkat ke Perth, Australia, Minggu.

Menurut petinju dengan rekor 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) tersebut, selama berada di Australia, dirinya akan memfokuskan latihan dengan teman mitra tanding "sparring partner".

"Kita latihannya masih yang ringan-ringan dulu dengan dua petinju dari Sasana Mirah Silver, Thomas dan Sahlan yang dikirim promotornya, Zaenal Thayeb ke sini," katanya.

Petinju dengan julukan "The Dragon: tersebut sebenarnya sudah berlatih di Australia di bawah asuhan pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, sejak 30 Januari 2010 dan di sana hanya setengah bulan.

Kemudian, pada Senin (22/2), Chris John kembali ke Indonesia karena ada urusan keluarga. "Saya seminggu berada di Semarang karena ada urusan keluarga dan tidak ada kaitannya dengan tinju," kata ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani).

Ia menambahkan, latihan yang dijalani selama ini belum mengarah pada teknik untuk menghadapi penantangnya karena sampai kini dirinya belum diberi tahu soal calon lawannya pada pertarungan mendatang.

"Kalau nanti sudah ada lawan, mungkin saya sudah mulai fokus latihan teknik untuk mengantisipasi lawannya," kata petinju yang sudah 12 kali mempertahankan gelarnya sejak merebutnya dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003.

Sebelumnya, promotor Chris John Zaenal Thayeb mengatakan, calon lawan Chris John mendatang adalah petinju asal Amerika Serikat yang menempati peringkat 10 besar kelas bulu WBA.

Berdasarkan rangking yang dikeluarkan WBA, petinju Amerika yang menempati peringkat 10 besar adalah Rocky Juarez (peringkat delapan) dan Cornelius Lock (peringkat 10).

Kalau melawan Juarez, katanya, tidak mungkin karena Juarez pernah kalah dari Chris John, bahkan kedua sempat bertemu dua kali, yakni di Texas dan Nevada.

Calon lawan Chris John yang petinju Amerika tinggal Cornelius Lock, tetapi Zaenal Thayeb belum memastikan calon lawan Chris John karena masih menunggu proses negosiasi penata tanding Chris John di Amerika Serikat. (H015/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010