BMKG prakirakan hujan guyur DKI Jakarta pada Jumat siang

BMKG prakirakan hujan guyur DKI Jakarta pada Jumat siang

Dokumentasi - Seorang warga menggunakan payung menyeberangi jalan saat hujan di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (9/11/2018). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas berbeda terjadi di lima wilayah DKI Jakarta pada Jumat siang (2/10/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas berbeda terjadi di lima wilayah DKI Jakarta pada Jumat siang.

Dikutip dari laman resmi BMKG, seluruh wilayah di Ibu Kota, pada Jumat pagi dapat merasakan cuaca cerah berawan. Memasuki siang hari, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Jakarta Barat.

Hujan ​​ringan diperkirakan terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sedangkan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan diperkirakan hujan disertai petir.

"Waspada hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari," bunyi peringatan dini dari BMKG.

Memasuki malam hari, hujan ringan diperkirakan masih terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Sedangkan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan. Hingga dini hari seluruh wilayah DKI Jakarta merasakan cuaca berawan.

Baca juga: Cuaca cerah berawan warnai Jakarta hari ini
Baca juga: Cerah berawan dominasi cuaca Jakarta sepanjang Selasa


Untuk suhu udara diperkirakan berkisar 23-32 derajat Celcius. Jakarta Barat (23-32 derajat), Jakarta Pusat (25-30 derajat), Jakarta Selatan (23-32 derajat), Jakarta Timur (23-32 derajat), Jakarta Utara (25-30 derajat) dan Kepulauan Seribu (27-30 derajat).

Kelembaban udara berkisar 65-95 persen di Jakarta Barat, 70-90 persen di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, 65-90 persen di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, 80-90 di Kepulauan Seribu.

BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat di masa pancaroba.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Diprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober-November 2020.

Selama September-Oktober, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jamaah tunaikan sholat Jumat di tengah cuaca panas Kota Mekkah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar