Mamuju (ANTARA News) - Hasil uji coba ujian nasional (UN) siswa SMU 2 di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengecewakan karena tidak satu pun siswa yang lulus.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Mamuju, Murniani mengatakan hal itu di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, dari ujicoba pelaksanaan UN di Mamuju melalui ujian "try out" tidak satu pun siswa di SMU 2 Mamuju salah satu sekolah yang melaksanakan uji coba itu mampu mencapai angka rata-rata kelulusan siswa secara nasional yakni 5,25

"Dari tiga ujian "try out" yang dilakukan ratusan siswa di SMU 2 Mamuju hasilnya sangat mengecewakan karena tidak satu pun siswa yang lulus pada uji coba yang dilakukan terakhir atau tidak ada yang mampu mencapai angka kelulusan siswa sekitar 5,25, "katanya.

Sementara kata dia, disekolah lainnya yakni di SMU 1 Mamuju, pada ujian try out yang dilaksanakan disekolah itu hanya sekitar 10 orang siswanya dari ratusan siswa disekolah itu yang dapat dinyatakan melalui angka kelulusan sisiwa.

Oleh karena itu, ia minta kepada masing masing siswa di sekolah itu dapat meningkatkan motivasi belajarnya karena pelaksanaan ujian semakin dekat.

"Para siswa harus meningkatkan belajarnya karena dari hasil ujicoba itu tidak akan berubah jika siswa tidak meningkatkan motivasi belajar dengan menambah jadwal belajar,"ujarnya

Sementara itu, Wati, salah seorang siswa mengatakan, dirinya akan meningkatkan cara belajarnya dengan memperbanyak menguasai teknis lembar jawaban UN kemudian menambah jadwal belajarnya.

Ia berharap agar para guru juga memberikan tuntunan mengenai teknis pengisiannya soal UN karena itu yang dianggap paling penting didapatkan para siswa menghadapi UN.

Selain itu juga memberikan kesempatan bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN yakni dengan memberikan waktu minggu tenang.

Pelaksanaan UN di Mamuju akan berlansung pada tanggal 22-25 Maret 2010 dan akan diikuti sekitar 8.111 siswa terdiri atas sekitar 1887 yang ada pada sekolah tingkat SMA, sekitar 666 orang untuk siswa SMK, dan sekitar 593 orang untuk siswa MA. (MFH/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010