Semarang (ANTARA News) - Mantan pebulutangkis nasional, Hastomo Arbi, menilai pebulutangkis China dan Malaysia diuntungkan dari sisi kondisi fisik pada turnamen bulu tangkis All England di Birmingham, Inggris, 9-14 Maret 2010.

Hastomo Arbi yang tampil di All England tiga kali (1981, 1982, 1984) ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan, dari sisi kondisi fisik, pebulu tangkis dari kedua negara ini lebih bugar untuk terjun pada turnamen bulu tangkis tertua di dunia.

"Kalau pebulu tangkis dari negara lain seperti Indonesia, Korea, Denmark, Hongkong, dan lain-lain sebelum terjun ke All England harus memeras tenaga untuk bertarung pada babak kualifikasi Piala Thomas," katanya.

Tetapi, lanjut Hastomo yang prestasi tertinggi di All England hanya sampai babak delapan besar 1982 (dikalahkan pebulu tangkis Denmark, Morten Frost Hansen), China dan Malaysia tidak turun di babak kualifikasi karena kapasitasnya sebagai juara bertahan dan tuan rumah.

"Saya kira pebulu tangkis seperti Lin Dan, Lee Chong Wei, Chang Yin, Bao Chunlai akan lebih bugar dibandingkan Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, dan lain sebagainya," katanya.

Menyinggung soal pebulu tangkis kelompok putra di All England, kakak mantan pebulu tangkis nasional, Heryanto Arbi, mengatakan, peluang tetap ada terutama untuk Taufik, Sony, Simon, dan pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan.

"Saya lihat peluang mereka cukup besar untuk menjadi yang terbaik, tentu saja harus disertai dengan kerja keras dan disiplin di lapangan," kata Hastomo yang kini menjadi Asisten Manajer PB Djarum Kudus.

Sony Dwi Kuncoro diperkirakan bertemu pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei apabila berhasil menyingkirkan Du Peng Yu (China), Simon Santoso akan bertemu Peter Gade (Denmark) pada babak kedua dengan catatan bisa mengalahkan Wong Choong Hann (Malaysia)

Kemudian Taufik Hidayat bakal bertemu pemenang antara Peter Gade dan Simon pada babak ketiga dengan catatan mampu menyingkirkan Eric Peng (Belanda di babak pertama) dan Andrew Smith (Inggris di babak kedua).

Pada All England di Inggris mendatang, Indonesia menerjunkan 16 pebulu tangkis putra-putri untuk nomor tunggal, ganda, dan ganda campuran.

(T.H015/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010