Bandung (ANTARA News) - Ketua Dewan Direktur CIDES (Center for Information and Development Studies) Ricky Rachmadi usul agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas soal Wapres Boediono dengan pimpinan MPR terkait rapat paripurna DPR yang menetapkan pemberian fasilitas pinjaman jangka pendek dan penyertaan modal sementara bagi Bank Century bermasalah.

"Pertemuan SBY dengan pimpinan MPR diharapkan sekaligus membahas kemungkinan pengunduran diri sejumlah nama pejabat yang disebut bertanggung jawab dalam kasus Century termasuk Boediono dan Sri Mulyani," kata Ricky dalam surat elektronik dari Jakarta, Kamis.

Ricky yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Golkar mengatakan pertemuan Yudhoyono dengan pimpinan MPR penting dilakukan mengingat makin berkembangnya tuntutan sebagian masyarakat yang meminta pejabat terkait kasus Bank Century mengundurkan diri.

Ia menyatakan desakan kepada Boediono untuk mundur mulai gencar dilakukan pimpinan partai koalisi pendukung pemerintahan SBY-Boediono.

"Pertemuan itu juga untuk mengakhiri ketidakpastian suhu politik di Tanah Air sehingga tidak mengganggu stabilitas pemerintahan," katanya.

Pertemuan Yudhoyono dengan pimpinan MPR, katanya, dapat memulihkan kredibilitas politik seorang presiden di depan publik.

Menurut Ricky, pengunduran diri Boediono lebih baik dan bijaksana dibanding membiarkan dinamika politik yang bisa mengarah pada proses pemakzulan oleh para elit politik partai.

Apalagi, katanya, pengunduran diri akan jauh lebih murah ongkos politiknya sedangkan pemakzulan berisiko panjang serta memakan biaya politik yang tinggi.

"Jika dilakukan pemakzulan maka secara tidak langsung risiko politiknya juga menyulitkan SBY," ujarnya.
(T.B009/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010