Jakarta (ANTARA News) - Pjs Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Adi Putera Taher mengatakan hasil Sidang Paripurna DPR RI atas kasus Bank Century tidak akan mempengaruhi perekonomian.

"Kita lihat saja kemarin (Rabu, 3/3) bursa justru naik, rupiah menguat. Ternyata gejeloka ekonomi tidak tergantung itu (keputusan politik)," kata Adi, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, proses politik merupakan hal biasa, bahkan di negara lain pun keputusan politik yang juga tidak berdampak terhadap kondisi perekonomian.

"Kita juga lihat kan seperti di Korea, parlemennya juga ramai kalau memutuskan satu hal tapi ekonomi mereka baik-baik saja. Jadi tidak ada masalah dan tidak perlu dibesar-besarkan," ujar Adi.

Proses demokrasi dan hukum, lanjut dia, harus tetap dilakukan, kalau tidak kepercayaan masyarakat dan dunia usaha akan hilang.

"Bahwa dalam proses politik terjadi kayak kemarin (ricuh) tidak masalah.Tapi kalau hasil putisan tidak dilaksanakan justru hilang kepercayaan kita," ungkap dia.

Sebelumnya pengambilan keputusan rekomendasi akhir DPR terkait kasus Bank Century dilakukan melalui voting, dan hasilnya kelompok yang memilih Opsi C meraih suara lebih banyak dibanding pemilih Opsi A.

Adapun inti dari keputusan Opsi C tersebut yakni memandang adanya pelanggaran dan unsur kesalahan dalam pengambilan kebijakan bailout Bank Century.

Adapun hasil voting pada Sidang Paripurna, Rabu (3/3) malam, sebanyak 325 anggota DPR memilih Opsi C. Sementara, yang memilih Opsi A jumlahnya 212.
(T.V002/ R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010