Teheran (ANTARA News) - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, melakukan kunjungan sehari ke negara tetangganya, Afghanistan, Senin, guna membahas cara menstabilkan negara itu bersama timpalannya, Presiden Hamid Karzai, kata kantor berita Mehr.

Salah satu kantor berita di Iran itu menyebutkan, kedua pemimpin akan mencari cara untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi Afghanistan, sebab Iran ingin meningkatkan hubungan kedua negara.

Ahmadinejad telah berulangkali menyeru penarikan mundur pasukan asing yang dipimpin Amerika Serikat dari Afghanistan, seraya mengatakan, bahwa kehadiran mereka justru menyulut pemberontakan Taliban.

Meskipun mereka berlawanan, namun Washington dan Teheran berikrar musuh mereka adalah milisi garis keras yang memerintah di Kabul dari 1996-2001.

AS telah melakukan sejumlah upaya untuk melibatkan semua tetangga Afghanistan, termasuk Iran, dalam memulihkan stabilitas Afghanistan.

Namun mereka disulitkan oleh kurangnya hubungan diplomatik antara Teheran dan Washington, serta sengketa mengenai program nuklir Iran.

Iran, yang mempunyai kedekatan dari hubungan etnis dan keagamaan dengan Afghanistan, sejak lama terganggu akibat dampak produksi opium tetangga timurnya itu, yang dengan mudah bisa mendapatkan heroin serta mendorong meningkat besarnya penggunaan obat-obat terlarang di dalam negeri. Afghanistan adalah sumber dari 90 persen kebutuhan heroin dunia.(H-AK/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010