Makassar (ANTARA News) - Artis Ibukota yang sekarang menggeluti panggung politik Rieke Dyah Pitaloka melaporkan seorang dokter Rumah Sakit Umum (RSU) Labuang Baji ke Mapolda Sulselbar terkait tindakan pelecehan.

Dalam laporannya di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Mapolda Sulelbar, Makassar, Selasa, Rieke mengaku mendapat perlakukan tidak senonoh dari dokter Ras di Aula RSU Labuang Baji pada Senin (8/3) lalu sekitar pukul 14.00 WITA.

Rieke alias Oneng dalam serial "Bajaj Bajuri" yang kini duduk di Komisi IX DPR itu melakukan kunjungan kerja di RSU Labuang Baji. Saat sesi presentasi dan sesi tanya jawab usai terlaksana, Rieke kemudian memenuhi sesi foto bersama perawat dan pegawai RSU Labuang Baji.

"Awalnya ia hanya minta foto bareng. Tapi foto yang kedua kalinya ia memegang pundak saya dan seolah ingin memeluk. Saat saya menegur, eh dokter itu malah membisiki telinga saya dan minta mencium. Bahkan bibirnya sudah tiba di telinga saya," katanya.

Adu mulut dengan dokter Ras terjadi usai pemotretan tersbut, bahkan sempat terlontar pernyataan maaf dari dr Ras. Namun, Rieke tetap ingin memberi pelajaran melalui jalur hukum.

"Ketika saya marah, ia malah bilang kalau anda kan publik figur jadi tidak usah marah dong," ungkapnya

Rieke yang melaporkan kejadian itu didampingi kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) PDIP Makassar Ais Amin menegaskan, tindakan Ras tidak bisa ditolerir. Karena apa yang ia lakukan merupakan salah satu bentuk pelecehan dan diskriminasi terhadap perempuan.

"Harus ada proses hukum agar ia jera. Apalagi kedatangan Rieke ke Sulsel jelas dalam status anggota dewan," tegasnya.

Sementara itu, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Ditreskrim Polda Sulselbar, Kompol Jamilah Nompo mengatakan, dr Ras bisa dikenakan pasal berlapis, di antaranya pasal 315 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penghinaan di Muka Umum dan pasal 281 KUHP Tentang Kesusilaan.

Dokter Ras yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya (HP) menampik perlakuannya kepada Rieke. Menurutnya, apa yang terjadi dengan Rieke adalah hal biasa terjadi antara seorang artis dan fansnya.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010