Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar mengatakan, International Monetary Fund (IMF) memprediksi Indonesia memiliki performa ekonomi terbaik di antara negara-negara di Asia Tenggara tahun ini.

"Negara-negara tetangga mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi signifikan dan bahkan kontraksi ekonomi yang tajam, PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia mampu tumbuh sekitar 4-5 persen per tahun selama dua tahun terakhir," kata Mustafa Abubakar dalam orasi ilmiahnya yang disampaikan dalam Wisuda Universitas Nasional, di Jakarta Convention Center, Kamis.

Menurut Mustafa, indikator-indikator ekonomi lainnya juga menunjukkan hal positif. Inflasi mengalami penurunan dari 11 persen pada Desember 2008 menjadi 2,78 persen pada Desember 2009.

Selain itu, lanjut Mustafa, PDB per kapita Indonesia diharapkan akan tumbuh dari $1.900 pada tahun 2007, menjadi $2.240 pada tahun 2009, dan mencapai $2.800 pada tahun 2010. Besaran cadangan devisa juga telah mencapai level tertinggi, yaitu hampir sebesar $70 miliar.

"Besaran PDB per kapita ini juga memperlihatkan bahwa Indonesia telah mampu melakukan lompatan signifikan sejak krisis tahun 1998 yang sempat merontokkan PDB per kapita Indonesia ke bawah level $600," jelas Mustafa.

Semua keberhasilan itu, ungkap Mustafa, disebabkan Indonesia mampu belajar untuk memperbaiki pondasi ekonomi nasional dan membentuk ketangguhan, serta daya tahan dalam menghadapi persoalan-persoalan baru.
(PPS/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010