Jakarta (ANTARA News) - Unggulan keempat Taufik Hidayat mengatakan akan berusaha mempertahankan peluang tunggal Indonesia dalam turnamen Super Series All England tetap terbuka, kendati itu tidak mudah.

"Ya, tunggal (Indonesia) tinggal saya. Besok saya akan berusaha (untuk menang)," ujar Taufik usai memastikan tempat di perempatfinal dengan kemenangan atas Andrew Smith dari Inggris 21-18, 21-14 di National Indoor Arena, Birmingham, Inggris, Kamis malam.

Taufik menjadi satu-satunya pemain tunggal Indonesia yang tersisa setelah Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso dan Maria Febe Kusumastuti tersingkir dari All England ke-100 itu.

Pada perempatfinal, semifinalis tahun lalu itu akan melawan unggulan kelima Peter Gade yang menundukkan pemain Indonesia Simon Santoso 24-22, 21-18.

Soal pertemuan dengan Gade yang pernah memupus harapannya untuk menjuarai turnamen bulu tangkis tertua itu pada 1999, Taufik mengatakan peluangnya untuk menang tetap terbuka.

"Tahun lalu saya juga bertemu dia. (Kali ini) ada peluang untuk menang, tetapi dia juga sedang bagus mainnya," ujar juara Olimpiade Athena 2004 itu mengenai Gade yang tahun lalu ia kalahnya.

Duet baru Greysia Polii/Meiliana Jauhari melaju ke babak delapan besar setelah mengantungi kemenangan 21-15, 21-17 atas pasangan Belanda Lotte Jonathans/Paulien Van Dooremalen.

Selanjutnya mereka akan memperebutkan tempat di semifinal dengan pasangan China Pan Pan/Tian Qing yang menyisihkan ungggulan delapan asal Jepang Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa 21-15, 21-8.

Sukses mencapai babak delapan besar juga diraih ganda campuran unggulan kedua Nova Widianto/Liliyana Natsir yang menang 21-12, 21-8 atas Baptise Careme/Laura Choinet dari Prancis.

Pada perempatfinal, pasangan yang peringkatnya kembali ke nomor satu dunia itu, akan melawan ganda tuan rumah Inggris Nathan Robertson/Jenny Wallwork yang harus bermain tiga game untuk mengalahkan unggulan ketujuh asal Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl 21-14, 16-21, 21-15.

Keberhasilan tidak diraih pasangan Shendy Puspa Irawati/Nitya Krishinda yang langkahnya dihentikan ganda Korea unggulan ketujuh Ha Jung Eun/Lee Kyung Won 13-21, 17-21.(ANT/A024)


Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010