Accra (ANTARA News) - Striker Chelsea Didier Drogba, Kamis, dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik Afrika 2009, untuk keduakalinya pemain nasional Pantai Gading itu memenangi penghargaan tersebut.

Drogba mengungguli pemain Inter Milan dan Kamerun Samuel Eto`o yang menempati urutan kedua hasil pemungutan suara oleh para pelatih tim nasional negara-negara anggota Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Drogba juga menang pada 2006, juga mengungguli Eto`o, tetapi menolak penghargaan tertinggi perorangan di benua tersebut pada 2007 ketika ia tidak hadir dalam upacara penghargaan di Togo.

Pemain tengah Ghana dan Chelsea Michael Essien di tempat ketiga.

TP Mazembe dari Congo, yang meraih Liga Champions CAF untuk pertamakalinya dalam 49 tahun, menjadi klub terbaik di atas tim asal Nigeria Heartland dan juara Konfederasi CAF, Stade Malien dari Mali.

Kapten Mazembe Tresor Mputu Mabi meraih penghargaan bagi pemain Afrika terbaik yang berbasis di benua tersebut.

Sellas Tetteh terpilih sebagai pelatih terbaik setelah ia memimpin Ghana ke Piala Dunia FIFA U-20 pada September, sementara striker Ghana Dominic Adiyiah adalah pesepak bola muda terbaik Afrika menyusul gol-golnya dalam turnamen di Mesir tersebut.

Aljazair dinobatkan sebagai tim nasional terbaik setelah mereka mengalahkan juara Afrika dan saingan berat mereka Mesir untuk lolos ke Piala Dunia.(F005/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010