Doni Monardo ajak kaum ibu gelorakan kepatuhan protokol kesehatan

Doni Monardo ajak kaum ibu gelorakan kepatuhan protokol kesehatan

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo memberikan keterangan pers secara virtual pada wartawan di media center Satgas COVID-19, Jakarta, Jumat (9/10/2020). (ANTARA/HO-Satgas COVID-19)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak kaum ibu di Indonesia untuk menggelorakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan guna mengendalikan angka kasus penularan penyakit yang disebakan virus corona jenis baru itu.

"Tauladan itu penting sekali, tapi orang yang lebih tua dan pimpinan kadang tidak memberi contoh yang benar. Maka penting sekali para pimpinan memberi contoh, lalu perlu mencari orang yang tepat yang berpengaruh agar dipatuhi," kata Doni di media center Satgas COVID-19 di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa tauladan itu ada tokoh agama, budayawan, tokoh informal di RT dan RW, lalu ada ibu.

Menurut dia, jika ibu bersedia mengingatkan anggota keluarganya untuk patuh pada protokol kesehatan, di antaranya memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 meter dari lainnya, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin atau menggunakan hand sanitizer (3M) tentu itu menjadi cara strategis untuk mengendalikan penularan COVID-19.

"Setiap perkataan ibu pasti kita hargai, dan pesannya selalu membekas di hati anak-anaknya. Gerakan ibu-ibu menjadi strategi untuk membuat masyarakat patuh protokol kesehatan," kata Doni.

Karenanya, menurut dia, Presiden Joko Widodo juga sudah menugaskan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk membuat para ibu ikut menggelorakan kepatuhan pada protokol kesehatan.

Baca juga: Ketua MPR ajak masyarakat patuhi protokol kesehatan

Doni mengingatkan semua pihak untuk tidak menganggap enteng COVID-19, karena belum ada ahli yang bisa menjabarkan secara pasti tentang penyakit itu. Sudah ada sanksi tegas, seperti mutasi yang diberikan kepada pejabat hingga aparat yang diketahui tidak mengindahkan protokol kesehatan dengan justru menciptakan kerumunan yang berpotensi memicu penularan.

Baca juga: Operasi Yustisi disiplinkan masyarakat patuhi protokol kesehatan

Satgas COVID-19, kata Doni, mengapresiasi masyarakat yang mau disiplin dan memberikan anjuran kepada yang lainnya untuk bersama menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: Mahfud: Parpol berperan arahkan kader patuhi protokol COVID-19

"Kita hanya diminta untuk patuh saja. Masak kita enggak bisa?" ujar dia.
#satgascovid19 #ingatpesanibupakaimasker

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Slogan "ingat pesan ibu" sebagai pengingat pentingnya keselamatan keluarga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar