Denpasar (ANTARA News) - Tim keamanan dari United States Secret Sevices (USSR) meninjau dan menyisir sejumlah tempat yang bakal dikunjungi Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Bali.

Selain melakukan penyisiran, tim beranggotakan 12 orang itu juga menyerap berbagai informasi menyangkut kondisi keamanan Bali dengan mendatangi markas Polda Bali di Denpasar, Jumat.

Tim yang juga didampingi tiga staf dari Agen Kolsulat AS di Pulau Dewata itu, diterima Kapolda Bali Irjen Pol Sutisna dan sejumlah pejabat teras instansi setempat.

Usai menggelar pertemuan tertutup, Kapolda Sutisna mengatakan bahwa kedatangan tim keamanan dari USSR itu dimaksudkan untuk mengecek kesiapan Bali dalam menemima kunjungan Presiden Obama yang dijadwalkan tiba dalam waktu dekat.

Kesiapan tersebut antara lain menyangkut upaya pengamanan oleh Polri dan instansi terkait lain selama Obama berada di Bali.

"Untuk kesiapan masalah pengamanan, kami sudah paparkan di depan tim, dan mereka sempat memuji atas sejumlah kesiapan yang telah dilakukan Kepolisian Bali," katanya.

Kapolda menjelaskan, tim dari berbagai keahlian itu memang secara khusus menemui jajarannya guna dilakukan koordinasi teknis pengamanan, menyusul kian dekatnya jadwal kedatangan Obama ke Bali.

Ditanya mengenai tanggal kedatangan "penggede" dari Negeri Paman Sam tersebut, Kapolda menyebutkan, sejauh ini tim USSR belum menyampaikan itu.

"Pihak USSR juga mengaku belum bisa memastikan jadwal kedatangan Obama ke sini, sehubungan masih harus menunggu informasi lebih lanjut dari gedung putih," kata Kapolda didampingi Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Gde Sugianyar.

Di hadapan tamunya, Kapolda Sutisna menyampaikan presentasi menyangkut teknis pengamanan dalam menyambut kedatangan Obama yang dikabarkan akan menginap di kawasan wisata Nusa Dua.

Selain menginap di Nusa Dua, Obama juga dijadwalkan mengunjungi Pura Uluwatu, Kabupaten Badung, dan pura terbesar di Pulau Dewata, Besakih di Kabupaten Karangasem.

Mengingat itu, kata Sutisna, pihaknya akan lebih memperketat pengaman pada sejumlah jalur darat yang akan dilewati, termasuk kawasan bandara, pura serta obyek-obyek wisata lain yang akan dikunjungi Obama.

Selama hampir dua jam, tim pengamanan dari gedung putih melakukan rapat tertutup yang disertai penyampaian paparan masalah kesiapan pengamanan oleh Kapolda Bali itu. Usai kegiatan tersebut, tidak seorang pun dari tim AS yang bersedia memberikan keterangan kepada pers.

Disinggung mengenai tugas polisi, Kapolda menyebutkan, untuk pengamanan Obama nanti, polisi akan berada di ring ketiga, sedangkan ring dua ditempati unsur TNI. "Sementara untuk ring satu akan ditempati tim pengamanan dari gedung putih," ucapnya.

Kedatangan USSS kali ini merupakan tim advance atau pendahulu, sedangkan tim pengamanan lainnya akan menyusul datang beberapa hari sebelum Obama menginjakkan kaki di Pulau Dewata.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010