Indian Wells, California (ANTARA News/Reuters) - Duakali juara dan pemegang gelar Rafa Nadal dari Spanyol maju ke putaran ketiga turnamen ATP Indian Wells dengan kemenangan 6-4 6-4 atas petenis Jerman Rainer Schuettler, Sabtu.

Unggulan kelima asal Rusia Nikolay Davydenko juga melangkah ke babak berikutnya, dengan mengalahkan Ernests Gulbis dari Latvia 6-4 6-4, tetapi unggulan delapan Marin Cilic dari Kroasia tersingkir lebih awal, kalah 6-7 0-6 dari petenis Spanyol Guillermo Garcia-Lopez.

Peringkat tiga dunia Nadal, yang lebih menikmati bermain lapangan di California, mematahkan servis lawannya pada game ketujuh set kedua sebelum meraih kemenangan dalam satu jam 34 menit.

Petenis kidal asal Spanyol itu melepaskan ikat kepala berwarna merah saat merayakan kemenangan setelah pukulan "backhand" Schuettler melebar sebelum maju ke depan net untuk berjabat tangan dengan lawannya.

"Indian Wells adalah salah satu turnamen favorit saya dan saya selalu merasa seperti berada di rumah di sini," kata Nadal seraya tersenyum dalam wawancara di tepi lapangan. "Saya punya kenangan sangat menyenangkan di sini."

Enam kali juara grand slam itu harus kompromi dengan angin di lapangan di Indian Wells Tennis Garden yang berembus kencang tetapi secara keseluruhan ia senang dengan penampilannya.

"Ini awal yang bagus dalam kondisi seperti ini bagi saya dan saya sangat gembira," kata Nadal (23). Sulit untuk beradaptasi tetapi saya mengawali pertandingan dengan bermain bagus. Belakangan, ketika saya bermain dibantu angin, sangat sulit bagi saya dengan `backhand` karena saya merasa kalau pun saya hanya menyentuh bola, bola keluar. Melaju terlalu jauh," katanya.

Ia menimpali, "Saya merasa nyaman dengan `forehand`, dan itu sangat penting untuk permainan saya. Mungkin saya bisa bisa bermain lebih baik dengan `backhand` dalam kondisi yang lebih baik."

Nadal, juara di Indian Wells 2007 dan tahun lalu, selanjutnya akan bertemu petenis Kroasia Mario Ancic yang bangkit dari ketertinggalan satu set untuk mengalahkan petenis Prancis Julien Benneteau 4-6 7-5 6-3.

Ancic yang bertinggi badan enam kaki lima inci itu hanya bermain lima bulan pada ATP Tour tahun lalu setelah mononucleosis-nya kambuh dan peringkatnya sejak itu turun ke-694.

"Saya tahu ia mengalami masa-masa sulit di rumah," kata Nadal,

yang tampil untuk pertamakalinya sejak cedera lutut membuatnya tidak bisa mempertahankan gelar di Australia Terbuka pada Januari.

"Akan menyenangkan bermain melawan dia pada putaran berikutnya,"ujarnya.

Pada pertandingan lainnya Sabtu, unggulan 10 asal Spanyol Fernando

Verdasco menyisihkan Ramon Delgado dari Paraguay 6-4 6-1 sementara unggulan 11 Juan Carlos Ferrero dari Spanyol memukul petenis Austria Daniel Koellerer 6-3 6-0.
(Uu.F005/H-AK/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010