Banda Aceh (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dijadwalkan mengunjungi Markas polisi sektor (Mpolsek) Leupung, Kabupaten Aceh Besar pada Rabu (16/3).

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes (Pol) Farid AS yang dikonfirmasi ANTARA di Banda Aceh, Senin, membenarkan tentang rencana Kapolri mengunjungi Mapolsek Leupung, sekitar 25 kilometer arah barat Kota Banda Aceh.

Kunjungan Kapolri ke Mapolsek Leupung tersebut hanya untuk melihat langsung Tempat Kejadian Perkara (TKP) penangkapan tersangka teroris yang dilakukan aparat kepolisian Polsek setempat.

Sebelumnya diperoleh informasi yang menyebutkan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dijadwalkan berkunjung ke Banda Aceh pada Senin (15/3). 

Aparat kepolisian Polsek Leupung menangkap sembilan tersangka teroris, dan dua diantaranya tewas tertembak karena berupaya melarikan diri, pada Jumat 12/3).

Selain menahan delapan orang, dan dua tewas, aparat kepolisian juga menyita enam pujuk senjata api laras panjang dan pendek serta puluhan amunisi serta magazen.

Para tersangka teroris yang menggunakan mobil penumpang jenis L-300 tersebut dalam perjalanan dari kawasan Lambaro, Aceh Besar hendak menuju Calang, Kabupaten Aceh Jaya.

Akan tetapi, aparat Polsek yang telah bersiaga di depan Mapolsek Leupung langsung memberhentikan mobil penumpang tersebut. 10 orang yang semuanya laki-laki, turun dari mobil tersebut.

Saat dilakukan pengeledahan, dua dari delapan penumpang mencoba melarikan diri dan aparat kepolisian melepaskan tembakan peringatan, namun tidak dihiraukan dan langsung dilumpuhkan.

Sementara dua yang tewas itu, jasadnya telah dievakuasi ke Jakarta. Sementara delapan tersangka lainnya masih ditahan di Mapolda Aceh.(A042/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010