Klaten (ANTARA News) - Ribuan umat Hindu berkumpul di halaman Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Senin, mengikuti upacara "Tawur Agung Kesanga" (Wisuda Bumi) mendoakan agar Bangsa Indonesia diberikan keselamatan dan kesejahteraan.

Upacara tersebut dipimpin Ketua Paruman Sulinggih Parisada Pusat, Dharma Adiyaksa dan diikuti ribuan Panandita maupun Pinandita.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Jateng, I Nyoman Surahatta menjelaskan, menyelenggaraan Tawur Agung Kesanga di candi Prambanan ini mempunyai arti sangat penting, mengingat bertepatan dimulainya pemerintah baru.

Menurut dia, tawur agung kesanga atau wisuda bumi adalah korban suci yang diperuntukkan bagi para "bhutakala" demi kesejahteraan dan kelestarian alam semesta yang dilaksanakan sehari sebelum Hari Raya Nyepi.

Upacara tersebut, kata dia, bertujuan agar lebih menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Agama yang utuh dan segar dalam rangka membangun citra diri sebagai manusia yang seutuhnya.

"Upacara wisuda bumi ini ikut memelihara Candi Prambanan secara niskala agar senantiasa terjaga aura candi," katanya.

Sementara para umat Hindu yang hadir dalam upacara tersebut dengan membawa sejumlah sesaji di antaranya buah-buahnya yang dihias sebagai persembahan.

I Nyoman menjelaskan, Umat Hindu melakukan catur brata penyepian selama 24 jam, pada Hari Raya Nyepi wajib hukumnya.

Upacara Wisuda bumi tersebut juga dihadiri Menteri Agama Suryadharma Ali, Gubernur Jateng Bibit Waluyo, sejumlah anggota DPR RI dan pejabat dari TNI maupun Polri di wilayah Jateng.
(ANT/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010